Iwan Suryawan Dorong Dukungan Disbudpar Jawa Barat Ke Saung Budaya Sumedang

Antar Daerah357 views

Sumedang, Inionline.id – Komisi V DPRD Jawa Barat melakukan kunjungan kerja ke Saung Budaya Sumedang (Sabusu), Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jum’at (21/05/2021). Dalam lawatannya tersebut, Iwan Suryawan selaku anggota Komisi V DPRD Jawa Barat menyatakan dukungan dan dorongannya agar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Barat memberikan dukungannya kepada Sabusu ini.

“Jadi mereka membangun itu memakai dana swadaya mandiri, karakter mereka sudah bagusenciptakan prinsip saya harus berasal dari saya sendiri sebelum yang lain, dari situ tetap menurut saya Dinas Pariwisata Jawa Barat harus tetap mensupport mereka dari kelengkapan yang lain agar Sabusu bisa berkembang,” ungkap Iwan.

Dirinya pun menilai bahwa Sabusu ini tidak hanya bisa menjadi pusat kebudayaan Sunda saja tetapi berpotensi menjadi pusat kebudayaan nusantara juga.

“Tempat ini dijadikan pintu masuk budaya nusantara sebetulnya, karena Sumedang ini juga memiliki potensi seluruh masyarakat berbagai provinsi ada disana,” ujar Iwan.

Faktor pernyataan mantan Wakil Ketua DPRD Kota Bogor itu bukan tanpa dasar melainkan, beberapa institusi pendidikan seperti ITB, Unpad, dan IPDN dimana mahasiswanya berasal dari berbagai tempat di Indonesia menjadikan Iwan Suryawan menilai bahwa Sabusu mampu menjadi pusat kebudayaan nusantara jika dikelola dengan baik.