by

Ini 6 Hal yang Perlu Diketahui Jika Ingin Berwisata ke Ancol selama Lebaran

Inionline.id – Salah satu objek wisata populer di di Jakarta Utara, Taman Impian Jaya Ancol akan tetap beroperasi selama libur Lebaran. Selama 13–23 Mei 2021, warga Jakarta dan sekitarnya bisa menjadikan tempat ini sebagai destinasi liburan Lebaran 2021 lokal.

Agar pengunjung bisa liburan dengan nyaman, Ancol akan menerapkan pembatasan dan peraturan yang cukup ketat. Melalui rilis yang diterima Liputan6.com (10/5/2021), Ancol telah melakukan penyesuaian protokol kesehatan berdasarkan standar kesehatan yang ditentukan dalam peraturan dan anjuran yang dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta. Hal itu mengenai tindakan pencegahan dan penanganan Covid-19.

Selama libur Lebaran, manajemen Ancol juga memberlakukan jam operasional periode 13–23 Mei 2021, sebagai berikut: Pintu Gerbang Ancol, pukul 06.00 – 20.00 WIB, Kawasan Taman & Pantai, pukul 06.00 – 21.00 WIB, Kawasan Allianz Ecopark, pukul 07.00 – 17.00 WIB. Sementara itu, Dunia Fantasi buka mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB, Ocean Dream Samudra, pukul 09.00 – 17.00 WIB, Sea World Ancol, pukul 09.00 – 17.00 WIB, dan Atlantis Water Adventures, pukul 08.00 – 16.30 WIB.

Jika Anda berencana libur Lebaran di wahana-wahana tersebut, wajib memperhatikan enam hal penting berikut.

1. Reservasi dan pembelian tiket secara online

Pengelola membatasi kuota 30 persen per hari. Jika kuota sudah terpenuhi calon pengunjung dapat melakukan pembelian tiket di hari lainnya.

2. Wajib mengecek kesehatan tubuh dan mematuhi protokol kesehatan

Calon pengunjung wajib memastikan kondisi kesehatannya dan mengisi self assessment yang terdapat dalam sistem tiket online. Pengunjung juga wajib menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta memastikan kondisi tangan tetap bersih dengan menggunakan cairan hand sanitizer dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

3. Pengecekan suhu di pintu gerbang

Seluruh unit rekreasi Taman Impian Jaya Ancol akan menempatkan petugas untuk mengecek suhu tubuh setiap pengunjung. Batas toleransi maksimal suhu tubuh adalah 37.3°C.

4. Melakukan transaksi secara non tunai

Manajemen Taman Impian Jaya Ancol mengimbau kepada seluruh pengunjung untuk melakukan transaksi secara non tunai menggunakan kartu debit di mesin EDC yang telah disediakan di toko merchandise dan restoran yang tersebar di kawasan Ancol.

5. Membawa peralatan makan, minum, dan ibadah dari rumah

Sebaiknya pengunjung tetap membawa peralatan makan dan minum pribadi. Selain itu, sarana ibadah seperti musala juga disediakan di beberapa titik strategis yang mudah diakses oleh pengunjung, dan untuk melakukan ibadah salat pengunjung dapat menggunakan alat ibadah sendiri.

6. Mematuhi imbauan dan marka protokol kesehatan yang telah ditentukan

Supaya aktivitas rekreasi dapat berjalan aman dan nyaman, disediakan papan informasi, spanduk serta pengeras suara yang mengimbau penerapan protokol kesehatan di seluruh kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Selain itu, Tim Satgas Covid-19 Ancol bersama Satpol PP, TNI dan kepolisian juga akan melakukan patroli ke seluruh kawasan untuk mengimbau dan edukasi secara langsung kepada pengunjung.