Ini 5 Makanan yang Bisa Membantu Menghilangkan Kram Otot dengan Seketika

Kesehatan057 views

Inionline.id – Pada masa berdiam saja di rumah seperti saat ini, banyak orang tidak bisa berolahraga di luar ruangan seperti sebelumnya. Hal ini membuat mereka menjadi bereksperimen untuk melakukan olahraga di dalam rumah.

Sayangnya, ketika berolahraga di dalam rumah ini, rentan terjadi sejumlah kesalahan. Hal ini bisa berujung pada terjadinya kram otot pada tubuh.

Hal ini biasanya terjadi karena oksigen tidak dapat terkirim pada otot dibanding biasanya. Padahal, ketika berolahraga, otot bakal lebih menegang dibanding biasanya sehingga berujung terbentuknya asam laktat dan kram.

Sejumlah cara bisa kamu coba untuk menghilangkan atau meredakan rasa kram ini termasuk dengan konsumsi makanan. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah makanan yang bisa membantu menghilangkan rasa kram di otot.

Pisang

Pisang kaya dengan kandungan mineral seperti potassium, kalsium, dan magnesium yang bermanfaat meredakan kram otot. Pisang merupakan makanan yang tepat dikonsumsi setelah berolahraga serta disarankan untuk dikonsumsi setelah olahraga keras agar otot tidak kram.

Ubi

Sama seperti pisang, ubi juga memiliki kandungan potassium, kalsium, serta magnesium yang juga besar. Secara khusus, kandungan kalsium di dalamnya enam kali lebih besar dibanding pisang. Ubi juga memiliki kandungan air yang tinggi untuk membuat asupan air di tubuh tetap terjaga.

Semangka dan Melon

Semangka dan melon merupakan jenisbuah lain yang mampu mengurangi sakit akibat kram setelah berolahraga. Buah-buahan ini merupakan sumber sodium, magnesium, dan kalsium. Buah-buahan ini bisa meredakan kram otot dengan menyeimbangkan antara sodium dengan hilangnya air dari tubuh.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan salah satu makanan kaya nutrisi yang harus dikonsumsi setelah berolahraga untuk menghindari kram otot. Sayuran yang bisa kamu konsumsi termasuk bayam, brokoli, serta kale.

Polong-Polongan

Makanan ini kaya dengan kandungan serat yang mampu meredakan kram serta mengontrol gula darah dan kolesterol buruk. Kamu bisa mengonsumsi makanan kaya protein dan magnesium ini setelah berolahraga untuk memperoleh manfaatnya.

Deretan makanan tersebut bisa bermanfaat untuk mencegah serta mengatasi kram otot yang kamu alami. Namun jika kram otot yang kamu alami tak kungjung hilang juga, sebaiknya berkonsultasi dengan pakar kesehatan.