Ini 5 Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Kondisi Gusi Berdarah yang Mengganggu

Kesehatan057 views

Inionline.id – Gangguan mulut dan gusi merupakan hal yang rentan dialami pada saat bulan Ramadan. Hal ini kerap menyebabkan ibadah jadi terganggu.

Selain sariawan, hal yang rentan dialami saat berpuasa adalah gusi berdarah. Hal ini biasanya dipicu oleh bakteri dalam mulut yang tak dibersihkan dengan maksimal sehingga akan tumbuh dan kemudian menyebabkan gusi bengkak dan berdarah.

Saat gusi berdarah tak diobati, akan terjadi gangguan kesehatan yang lebih serius. Hal ini biasa disebut dengan periodontitis yang bisa seseorang bisa kehilangan giginya.

Masalah gusi berdarah yang dialami seseorang ini bisa diatasi dengan beberapa bahan alami. Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa obat alami yang bisa membantu mengatasi gusi berdarah.

Air Garam

Garam merupakan obat alami untuk mengobati beragam infeksi di mulut. Pasalnya, garam bersifat anti inflamasi dan antiseptik yang kuat sehingga bisa dengan segera membunuh bakteri penyebab penyakit di mulut.

Minyak Peppermint

Minyak peppermint sangat efektif dalam mengobati sejumlah penyakit gusi karena kemampuannya dalam mengusir bakteri jahat di mulut dan mengurangi pembengkakan. Tetesi gusi dengan minyak peppermint untuk mengobatinya dan menghilangkan bau mulut.

Kayu Manis

Kayu manis merupakan anti bakteri yang kuat sebab bisa mengobati beragam kerusakan gigi. Selain itu, hal ini juga bisa mengobati gusi berdarah serta membuat nafas jadi segar.

Produk Olahan Susu

Susu dan produk olahannya kaya dengan kalsium yang sangat bagus untuk menguatkan tulang dan membantu menutup celah di gusi yang biasanya jadi tempat tumbuhnya bakteri. Hal ini bisa membuat gusi bengkak dan berdarah akan berkurang dan mereda.

Minyak Lavender

Minyak lavender juga memiliki kandungan anti bakteri di dalamnya. Memijat gusi dengan minyak lavender bisa meningkatkan sirkulasi darah di dalam mulut yang akan mengurangi gusi bengkak dan berdarah.

Sejumlah bahan alami tersebut bisa membantu masalah gusi berdarah yang mungkin kamu alami. Cobalah sejumlah bahan tersebut ketika kamu mengalami masalah gusi berdarah.