by

Idulfitri Hari Ini Berbarengan dengan Kenaikan Isa Almasih

Inionline.i – Hari Raya Idulfitri 1442 H yang jatuh pada hari ini, Kamis (13/5), bertepatan dengan peringatan kenaikan Isa Almasih.

Penetapan hari Lebaran itu sendiri diputuskan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) berdasarkan hasil sidang Isbat penentuan awal Syawal 1442 H.

Sementara itu, peringatan kenaikan Isa Almasih merupakan salah satu hari besar bagi umat Kristiani. Kenaikan Isa Almasih biasanya diperingati pada hari 40 setelah perayaan Paskah.

Momen hari Lebaran dan peringatan kenaikan Isa Almasih ini terbilang langka. Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian serupa tercatat pernah terjadi pada tahun 1727 silam dan baru akan terulang lagi pada tahun 2248 atau 200 tahun mendatang.

Berkaitan dengan dua hari raya agama ini, aparat kepolisian diterjunkan untuk melakukan pengamanan di masjid dan gereja di wilayah Jakarta.

“Malam ini sudah ada plotting (personel) terkait kenaikan Isa Almasih dan ada beberapa titik gereja yang sudah di-plotting anggota bersama pengamanan salat Id besok hari,” kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (12/5).

Nantinya, kepolisian bersama instansi terkait juga akan mengatur soal penerapan protokol kesehatan Covid-19 di tempat ibadah tersebut karena saat ini masih dalam situasi pandemi.

“Semoga semuanya bisa berjalan seiring, semoga situasi bisa terkendali,” ucap Fadil.