by

DUA SKENARIO LONGSOR SETU ASEM, MEKARWANGI

Inionline.id – Longsor jalan Kayu Manis-Kencana yang berlokasi di Kampung Setu Asem, Kelurahan Mekarwangi, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor memasuki babak baru. Pasca 2 kali longsor susulan yang terjafi Jumat dan Sabtu malam (7-8/5), 80 % badan jalan di titik longsor rontok, praktis jalan tidak aman digunakan untuk lalu lintas kendaraan.

Karenanya penutupan jalur lalu lintas yang melalui titik lokasi jalan yang longsor menjadi langkah tepat. Arus lalu lintas dari arah Kencana menuju Jl Soleh Iskandar dialihkan ke Jl Ahmad Sa’yani depan Kantor Kelurahan Mekarwangi, melingkar kecil di Gerbang Perumahan Bukit Mekarwangi yang berada di RW 8 Kelurahan Kayu Manis. Pengguna jalan bisa melanjutkannperjalanan lurus melintasi Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor atau belok kiri melintas jalan depan SMP Negeri 16 Kota Bogor. Keduanya berada di wilayah Kelurahan Kayu Manis.

Dua skenario penting merespons pasca longsor susulan jalan Setu Asem, Kelurahan Mekarwangi yang berada di belakang Perumahan Taman Sari Persada, adalah:

Pertama, Penganggaran.
BPBD Kota Bogor bergegas untuk memproses kejadian longsor jalan di Setu Asem sebagai kejadian bencana. Selanjutnya diproses untuk dapat menggunakan Anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) APBD Kota Bogor, karena membutuhkan respons segera untuk memperbaiki kondisi jalan yang fungsinya sangat vital bagi masyarakat. Skenario awal menggunakan alolasi yang sudah dianggarkan di APBD 2021 murni, tidak mencukupi untuk merespons situasi aktual. Kebutuhan anggaran, menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bogor sebesar Rp 3 milyar.

Kedua, Pekerjaan Jalan/Jembatan.
Kajian Dinas PUPR Kota Bogor merumuskan perubahan skenario pekerjaan jalan di lokasi longsor. Pekerjaan Tanggul Penahan Tamah (TPT) dan perbaikan jalan di lokasi longsor berubah menjadi kegiatan pembangunan jembatan. Pilihan ini sesuai hasil kajian akan lebih efektif dan solutif. Sekalipun berimplikasi pada penambahan anggaran yang bersumber dari BTT. Anggaran yang teragendakan sebelumnya digeser untuk memperkuat kegiatan pekerjaan jalan KayuManis-Kencana.

Semoga Allah swt meridloi. Aamiin YRA.