by

Bisnis Properti di Indonesia Masih Moncer, Ini Buktinya

Inionline.id – Sektor properti di Indonesia masih menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Apalagi ekosistem dan sejumlah insentif yang diberikan pemerintah mendukung hal tersebut.

Badan Pusat Statistik menyebut sektor real estate menjadi salah satu dari 6Insenf sektor yang positif di kuartal I 2021 yang dirilis tengah pekan ini. BPS mencatat sektor ini tumbuh 0,94%.

“Ada 6 sektor yang positif, 11 sektor negatif tapi cenderung membaik. Yang positif infokom, perdagangan, pengadaan air, jasa kesehatan, pertanian, listrik gas dan real estate,” ujar Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers Rabu kemarin.

Insentif bebas PPN dan DP 0% untuk KPR dinilai berkontribusi pada pencapaian ini. Aspek tersebut juga dinilai menjadi bukti bahwa sektor properti masih menjanjikan.

Potensialnya sektor properti juga tercermin dari dilanjutkannya kembali proyek-proyek perumahan yang mangkrak. Terbaru adalah proyek apartemen mewah di kawasan TB Simatupan Jakarta, IZZARA. Proyek ini kembali dilanjutkan setelah sebelumnnya terhenti.

Proyek itu kini diambil alih oleh TJS Group. Direktur Utama TJS Group Dipa Simatupang mengatakan, pihaknya akan menyelesaikan IZZARA Apartment.

“IZZARA Apartment, saat ini baru akan di re-launching dan re-branding. Sebelumnya proyek ini memang sempat tertunda pembangunannya, dan saat ini sudah kami take over. Kami akan menyelesaikan terlebih dahulu proyek ini sampai selesai, setelah itu kami jual atau re-launch kembali. Kami optimis properti tumbuh kembali karena didukung sejumlah indikator,” ujar Dipa Simatupang, ditulis Minggu (9/5/2021)

Senada dengan Dipa, Direktur TJS Group Aswin Widjanarko mengatakan, pihaknya optimis dapat menyelesaikan proyek IZZARA Apartment dan melanjutkan serah terima kepada konsumen. Kawasan TB. Simatupang, kata Aswin, merupakan kawasan perkantoran sehingga demand atau permintaan hunian maupun untuk disewa cukup tinggi. Lokasinya dapat diakses dengan mudah dari berbagai penjuru, melalui jalan tol menuju ke kawasan Barat, Timur, Selatan Jakarta bahkan hingga ke Bogor.

“IZZARA dikelilingi oleh fasilitas yang sangat lengkap seperti driving range golf, International School High Scope, Universitas Prasetya Mulya, Pusat Belanja Modern seperti Citos dan Pondok Indah Mall, dan rumah sakit bertaraf internasional. Namun, yang paling utama adalah Apartment IZZARA telah dilengkapi oleh berbagai fasilitas di dalamnya, seperti 50 Meter Olympic Pool, Infinity Lagoon Pool, Gym, Children Playground, dan fasilitas Putting Golf,” terang Aswin lebih lanjut.

Pada kesempatan yang sama, Wiria Chakradinata yang juga Direktur TJS Group mengatakan, IZZARA Apartment telah menandatangani kerjasama (MoU) dengan jaringan hotel internasional Ascott Group, sehingga pemiik dapat menyewakan unitnya dan dikelola sesuai dengan international standar service apartment.

“Jadi beli unit di IZZARA saat ini sangat tepat karena sudah banyak yang dihuni bahkan sudah ada beberapa orang asing yang sudah sewa,” kata Wiria.

IZZARA Apartment terdiri dari dua tower di atas lahan seluas 3,5 ha, yang merangkum sebanyak 523 unit dengan beberapa type, mulai dari one bedroom hingga three bedroom serta unit penthouse. Saat ini, hanya tersisa 130 unit yang dipasarkan. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 43 juta/meter2 untuk unit-unit tanpa furniture. Ke depan, akan mulai dipasarkan unit-unit full furnish dengan kisaran harga Rp 56 juta/meter2.