Berkat Ramadan Penjualan Eceran Maret Tumbuh 6,1 Persen

Ekonomi057 views

Inionline.id – Hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) Bank Indonesia (BI) menunjukkan peningkatan kinerja penjualan eceran secara bulanan pada Maret 2021.

Untuk Indeks Penjualan Riil (IPR) Maret 2021, terjadi pertumbuhan sebesar 6,1 persen secara month-to-month (mtm) atau meningkat dari bulan sebelumnya yang terkontraksi 2,7 persen.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyebut para responden menyampaikan kalau peningkatan penjualan eceran sejalan dengan permintaan masyarakat yang menguat menjelang Ramadan. Selain itu, juga didukung oleh kondisi musim dan cuaca yang baik.

“Peningkatan penjualan eceran terjadi pada seluruh kelompok terutama subkelompok sandang, kelompok barang budaya dan rekreasi, dan kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (BBM),” jelasnya lewat rilis, Selasa (11/5).

Dari sisi harga, responden survei memprakirakan tekanan inflasi pada 3 dan 6 bulan mendatang atau Juni dan September 2021 diprakirakan menurun.

Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang pada Juni dinyatakan sebesar 141,4 atau turun dari bulan sebelumnya, yakni 156,4.

Penurunan diperkirakan karena kecukupan persediaan barang diiringi dengan distribusi barang yang lancar. Sementara itu, IEH 6 bulan yang akan datang (September) sebesar 134,9, lebih rendah dari 141,7 pada bulan sebelumnya. Ini dipengaruhi oleh distribusi barang yang lancar dan pasokan yang cukup.