by

Alasan Shin Tae-yong Memanggil Pemain Muda ke Timnas: Ganti Generasi

Inionline.id – Timnas Indonesia memanggil banyak pemain muda ke pemusatan latihan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022. Shin Tae-yong bilang alasan utamanya mengganti generasi.

Timnas sudah menjalani training camp (TC) sejak awal Mei. Sebanyak 37 pemain dipanggil untuk berlatih di Jakarta. Sebelum berangkat ke Dubai, Uni Emirat Arab, usai Lebaran, skuad tim Merah-Putih akan dipangkas menjadi 23 pemain saja.

Dari semua pemain itu, sebanyak 25 orang merupakan pesepakbola dengan usia U-22. Elkan Baggott merupakan pemain termuda di Timnas saat ini, 18 tahun. Sedangkan Ilija Spasojevic permain tertua dengan usia 33 tahun.

“Jadi, memang Liga 1 tidak bergulir 1 tahun 5 bulan, karena itu performa pemain menurun. Otomatis fisik menurun juga. Jadi saat TC saja mungkin kami bisa panggil pemain muda, baru bisa mengubah mental, fisik mereka agar lebih baik dan dengan fisik kuat bisa kami tunjukkan ke lawan di kualifikasi Piala Dunia,” kata Shin Tae-yong kepada pewarta di Senayan, Jakarta.

“Jadi saat ini, di 5 laga kualifikasi Piala Dunia (sebelumnya) semua kalah. Motivasi semua pemain kurang. Jadi, untuk memberikan motivasi dan menunjukkan performa di laga untuk lebih baik lagi, mungkin saat ini saatnya mengganti generasi baru,” kata dia menambahkan.

Indonesia masih harus menjalani 3 laga sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab yang menjadi lawannya.

Sebelumnya, Indonesia selalu kalah dalam 5 laga saat melawan Thailand, Vietnam, UEA, dan Malaysia (2 kali). Indonesia pun masih menjadi juru kunci Grup G karena belum meraih poin.