Waketum: Elemen Umat Islam Meminta PPP Dukung Anies Jadi Capres 2024

Politik157 views

Inionline.id – Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengungkapkan, bahwa partainya diminta elemen masyarakat untuk mempertimbangkan Anies Baswedan sebagai Capres 2024. Arsul menyebut bahwa PPP mendengar masukan tersebut.

“PPP saat ini membangun silaturahmi dengan berbagai elemen masyarakat, nah dalam silaturahmi tersebut kemudian ada yang menyampaikan demikian (PPP untuk mempertimbangkan Anies). Tentu semuanya kami dengarkan,” katanya kepada merdeka.com, Rabu (28/7).

“PPP memang mencatat bahwa beberapa kalangan masyarakat, utamanya dari sejumlah elemen umat Islam, menyatakan dukungan untuk pencapresan Anies Baswedan untuk Pilpres 2024,” sambungnya.

Arsul mengatakan, meski Pilpres masih lama, namun dukungan itu bukan hal yang salah dalam era demokrasi. Dia bilang, di Amerika Serikat sudah mulai bermunculan bakal calon presiden dari Partai Republik untuk Pilpres 2024.

“Kita terima setiap aspirasi semacam itu sebagai bagian dari proses demokratisasi. Namun karena dalam format ketatanegaraan kita, yang berhak mengusung capres & cawapres itu adalah parpol, sebagaima diatur dalam UUD NRI Tahun 1945 dan UU Pemilu,” ucapnya.

“Maka tentunya kalangan masyarakat yang memiliki aspirasi untuk mencapreskan tokoh tertentu, termasuk mereka yang mendukung Anies tersebut menyampaikannya kepada parpol yang ada,” ucapnya.

PPP sebaga parpol Islam, kata Arsul, menjadi satu tempat untuk menyampaikan aspirasi tersebut. Sehingga menjadi kewajiban PPP untuk menerima aspirasi itu dan mempertimbangkannya secara seksama dengan memperhitungkan konstelasi politik nasional secara keseluruhan.

“Posisi PPP sendiri saat ini memang membuka diri terhadap aspirasi dari segmen masyarakat manapun yang ingin menyuarakan tokoh tertentu untuk menjadi capres dan cawapres,” katanya.
“Tentu nanti pada saatnya akan dibicarakan sesuai dengan mekanisme dan forum permusyawaratan yang ada di PPP,” pungkas pimpinan MPR ini.