by

Sinergi Bersama Wujudkan Perumahan KPR Bersubsidi dengan Kompor Induksi untuk Mendukung Gerakan Satu Juta Kompor Induksi

Inionline.id – Guna mendukung kemandirian dan ketahanan energi nasional melalui Gerakan Satu Juta Kompor Induksi, PLN beserta BTN dan 9 BUMN Karya telah menandatangani Nota Kesepahaman pada tanggal 31 Maret 2021 demi mewujudkan energi bersih melalui gerakan penggunaan kompor induksi di sektor rumah tangga untuk mengurangi impor LPG dan penghematan devisa negara. Penandatangan ini disaksikan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Sebagai tindak lanjut Nota Kesepahaman tersebut maka pada tanggal 23 April 2021 telah dilakukan peluncuran perdana perumahan KPR BTN bersubsidi dengan kompor induksi yang berlokasi di perumahan Puri Delta Tigaraksa, Tanggerang. Acara ini dihadiri oleh Bpk. Mohammad Munief Budiman selaku EVP Pelayanan Pelanggan Retail PT PLN (Persero), Bpk Mahmud Husein (Kementrian BUMN), Bpk. Christ Robert P. Marbun (Kementrian PUPR), Bpk. Moch. Yut Penta (BTN), Bpk Endang Kawidjaja (PT Delta Pinangmas), Asosiasi pengembang dan tentunya para calon penghuni perumahan tersebut.

Dalam sambutannya, Pak Husein dari Kementrian BUMN menyampaikan bahwa sinergi ini merupakan langkah konkrit dari BUMN dalam upaya mendorong peningkatan ketahanan energi nasional yaitu dengan memastikan penyerapan energi dalam negeri dengan penggunaan kompor induksi menggantikan kompor LPG.

Menambahkan juga dalam sambutannya, Pak Munief Budiman dari PLN menyampaikan bahwa kerjasama sinergi ini merupakan wujud dukungan terhadap program sejuta konversi kompor LPG ke kompor Induksi yang selaras dengan program presiden Joko Widodo dalam meningkatkan ketahanan energi nasional.

“Salah satu upaya untuk mendorong penyerapan konsumsi energi dalam negeri adalah dengan mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan kompor induksi tanpa harus bergantung kepada kompor gas. Karena saat ini penyediaan sumber energi untuk gas masih didapatkan melalui impor, penggunaan kompor induksi pun lebih aman, hemat dan efisien bagi masyakat modern saat ini” ungkap Munief.

Perumahan Puri Delta Tigaraksa ini merupakan Perumahaan perdana KPR BTN bersubsidi dengan kompor induksi di Indonesia sehingga diharapkan kedepannya akan lebih banyak lagi perumahan-perumahan baru seperti ini. Perumahan Puri Delta Tigaraksa berada di dalam wilayah layanan PLN UP3 Bogor yaitu Unit Layanan Pelanggan Jasinga.

Dalam sinergi ini terdapat dua poin yang menjadi landasan utama. Pertama, mendorong penggunaan kompor induksi pada proyek unit perumahan dan apartemen yang sedang atau akan dibangun. Kedua, menciptakan kemudahan kepada mitra kerja yang menerapkan program konversi kompor LPG ke kompor induksi. Melalui gerakan penggunaan kompor induksi ini diharapkan penggunaan energi bersih dan energi dalam negeri bisa lebih masif, dan secara langsung mendorong kemandirian dan ketahanan energi.