Ridwan Kamil Meresmikan 2 Flyover di Bandung

Antar Daerah157 views

Bandung, Inionline.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Flyover Jalan Laswi-Pelajar Pejuang dan Jalan Jakarta-Supratman Bandung. Dua flyover ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi dalam mengatasi kemacetan di kota berjuluk Paris van Java ini.

Kamis (22/4/2021) terlihat sejumlah tamu undangan hadir dalam acara peresmian tersebut. Seperti Wali Kota Bandung Oded M Danial, Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri serta beberapa pihak lainnya.

Dalam sambutannya Ridwan Kamil menyatakan jembatan ini sudah menjalani uji coba sebelum diresmikan hari ini. Selama masa uji coba dia menyebut hasilnya baik.

“Intinya, kita hari ini resmi menyerahkan kepada Wali Kota Bandung (Oded M Danial) dua fasilitas yang memang selama ini sudah soft opening di tes dan dievaluasi hasilnya sangat baik, menandakan apa yang diaspirasikan Kota Bandung kita penuhi,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil.

Dia berharap dua fasilitas baru ini bisa memberi manfaat bagi kemajuan Kota Bandung. Selain itu warga juga bisa memanfaatkan fasilitas jalan ini dengan baik.

“Ada dua ruas jalan, Jalan Jakarta dan Pelajarpejuang, dua wilayah itu mendapatkan dua titik, mudah-mudahan bermanfaat,” ujarnya.

Kang Emil juga menyebut pembangunan flyover ini harus terus dilakukan seiring terjadinya penambahan penduduk dan kendaraan.

“Kepada Mang Oded, seiring bergulirnya waktu dan jumlah manusia di Kota Bandung semakin banyak, lalu lintas semakin padat dan konsekuensi pembangunan jalan layang harus kita teruskan untuk membantu kepolisian mengurangi beban kemacetan,” sebutnya.

Selain itu, Kang Emil juga meminta kepada Dinas Bina Marga Jabar dan Penataan Ruang agar proses pembangunan fasilitas publik semacam ini bisa dikerjakan dalam waktu cepat. Sehingga, kata dia, proyek pembangunan yang dikerjakan bisa lebih banyak.

“Saya titip ke Pak Koswara jika melakukan pembangunan seperti ini enggak boleh dua tahun, harus pakai kecepatan satu tahun satu proyek. Perencanaan, lelang dan lainnya harus didesain lebih baik sehingga yang pembangunan lebih banyak,” pungkasnya.

Sebelumnya, setelah Flyover Jalan Laswi-Pelajar dan Jakarta-Supratman, Wali Kota Bandung menyebut akan ada Flyover Kopo dan Buahbatu.

Menurutnya, keberadaan sejumlah flyover baru yang akan dibangun ini diharapkan dapat mengurai kemacetan di Kota Bandung.

“Sampai hari ini selain Kopo, penambahannya ada Buahbatu. Sebelumnya ada di Jalan Laswi dan Jalan Jakarta. Buahbatu, masih dikoordinasikan, insyaallah itu sudah jadi program. Pembangunan flyover itu untuk mengurangi kemacetan ya,” tutur Oded.