Real Madrid Mengeksploitasi Dua Bek Sayap Liverpool

Inionline.id – Real Madrid menang atas Liverpool usai mengekspoitasi sisi sayap The Reds. El Real memanfaatkan gaya main dua bek sayap Si Merah yang kerap membantu serangan.

Real Madrid menumbangkan Liverpool 3-1 di Estadio Alfredo Di Stefano pada leg pertama perempatfinal Liga Champions, Rabu (7/4/2021) dini hari WIB. Tiga gol kemenangan El Real lahir dari brace Vinicius Junior (menit ke-27 dan 65′) serta gol Marco Sensio (36′). The Reds hanya bisa membalas melalui Mohamed Salah (51′).

Pada laga ini, serangan Madrid yang mengandalkan dua sayap mereka yaitu Vinicus di kiri dan Marco Asensio di kanan memang begitu sulit dibendung Liverpool. Kedua pemain ini total membuat 10 upaya tembakan.

Vinicius mampu melepas empat tembakan. Sementara, Asensio membuat enam percobaan tembakan.

Taktik yang dikembangkan pelatih Madrid, Zinedine Zidane, berjalan sangat baik di laga ini. Pria asal Prancis ini mengoptimalkan kecepatan Vinicius dan Asensio untuk mengeksploitasi dua sayap Liverpool, Andrew Robertson dan Trent Alexander-Arnold yang kerap maju membantu serangan.

Apalagi, Madrid memiliki Toni Kroos yang bisa melepas umpan panjang akurat. Hal ini tentu menyulitkan Robertson dan Alexander-Arnold saat melakukan trackback.

Terbukti, dua bek sayap Liverpool ini sama sekali tak melakukan tekel sukses sepanjang 90 menit. Dua gol awal Madrid bahkan lahir dari kekurangcermatan Alexander-Arnold dalam mengantisipasi umpan panjang Kroos.

“Kami tahu kami bisa menyerang dari sayap. full-back mereka benar-benar menyerang dan segalanya berjalan baik bagi kami dalam hal itu,” ujar Zidane dikutip dari situs UEFA.

“Kualitas Toni dibuktikan dengan umpannya dengan kecepatan Vinicius berada di sana. Semua orang melihat hal itu,” jelasnya.

Kemenangan 3-1 ini menjadi modal berharga untuk Real Madrid menyongsong leg kedua di Anfield (15/4). Los Blancos hanya perlu tak kalah lebih dari satu gol di kandang Liverpool untuk melaju ke semifinal.