Ratusan Orang di Finlandia Demo Protes Pembatasan Covid-19, 20 Orang Ditangkap

Internasional357 views

Inionline.id Ratusan orang di Finlandia melakukan aksi demo, protes pembatasan Covid-19 di Helsinki pada hari Sabtu tanpa mendapatkan izin. Sebanyak 20 orang ditangkap karena menolak untuk membubarkan diri.

Minggu (11/4/2021), ada sekitar 300 orang berkumpul di pusat ibu kota. Pihak berwenang pun bergerak untuk membubarkan protes karena tidak memiliki izin.

Di masa pandemi, pertemuan publik lebih dari enam orang dilarang di Helsinki. Namun banyak pengunjuk rasa membentuk prosesi dan mulai berbaris. Polisi mengumumkan 20 penangkapan karena tolak mematuhi perintah.

Finlandia dan 5,5 juta penduduknya bernasib di antara yang terbaik di Eropa selama pandemi, terutama disebabkan oleh kepadatan penduduk yang rendah dan kepatuhan terhadap pedoman, yang lebih merupakan rekomendasi daripada undang-undang.

Tetapi tingkat kejadian naik pada pertengahan Februari, mendorong pemerintah untuk memberlakukan pembatasan baru termasuk menutup restoran.

Namun pemerintah awal bulan ini menarik rancangan undang-undang untuk membatasi pergerakan di beberapa bagian negara itu setelah keberatan tentang legalitasnya.