by

Polda Lampung Menyiapkan 9 Titik Penyekatan Cegah Pemudik

Inionline.id – Polda Lampung dan jajarannya bersiap menghadapi masa larangan mudik Lebaran Idulfitri 1442 H (2021). Aparat kepolisian telah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas untuk membatasi masyarakat yang hendak masuk ke Provinsi Lampung dengan melakukan penyekatan.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan penyekatan yang semula hanya delapan titik kini menjadi sembilan titik untuk menerapkan larangan mudik.

Lokasi penyekatan itu, kata Pandra, tersebar di wilayah Polres Lampung Selatan empat titik, Polres Mesuji satu titik (perbatasan dengan Sumatera Selatan), Polres Lampung Barat dua titik (perbatasan dengan Bengkulu), Polres Way kanan dua titik (perbatasan dengan Sumatera selatan) dan Polresta Bandarlampung satu titik (Pelabuhan Panjang).

“Jadi ada sembilan titik pos penyekatan yang disiapkan. Dari sembilan titik penyekatan itu, ada lima titik jalur penyekatan yang krusial atau menjadi perhatian khusus,” kata Pandra, Kamis (22/4/2021).

Sementara untuk di wilayah Mesuji, lanjut Pandra, dilakukan penyekatan satu titik di area kedatangan dari arah wilayah Sumatera Selatan jalur tol KM 239 exit tol Pematang Panggang dan jalur arteri menuju Palembang.

“Pergerakan arus lalu lintas Palembang-Lampung di jalur tol, yakni dengan penutupan jalur tol dari Palembang ke Lampung. Semua kendaraan dikeluarkan di exit tol Simpang Pematang,” ujarnya.

Sedangkan untuk kendaraan yang memenuhi syarat masuk ke Lampung akan melanjutkan perjalanan kembali ke jalur tol menuju Lampung. Sedangkan untuk kendaraan angkutan yang dilarang akan diputar ke arah Palembang melalui jalur arteri.

Selanjutnya penyekatan jalur arteri dari Palembang menuju Lampung, bagi kendaraan yang dilarang akan diputar balik melalui jalur arteri di Simpang Pematang.

“Penindakan menghadapi pemudik yang tetap nekat atau bandel menuju Lampung, dengan harapan mengurangi beban penyekatan di Polres Lampung Selatan menuju Pelabuhan Bakauheni,” katanya.

Terpisah, Kapolres Lampung Selatan, AKBP Zaky Alkazar Nasution saat dikonfirmasi mengatakan untuk wilayah Polres Lampung Selatan pos penyekatan yang disiapkan menghadapi larangan mudik itu yakni Jalinteng exit tol Hatta, gerbang tol Bakauheni Selatan, lalu pintu masuk Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Bandar Bakau jaya (BBJ) sebagai pelabuhan logistik tujuan Bojonegoro dan Cilegon Timur.

“Jumlah personel yang ditempatkan di pos penyekatan tersebut, sebanyak 313 personel gabungan dari TNI, Polri, Dishub dan Pol PP. Untuk jumlah personel yang paling banyak ditempatkan, di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni sebanyak 132 personel,” kata dia.