Pertama di Indonesia, Sekolah Formal Menawarkan 100% Sekolah Daring

Pendidikan057 views

Inionline.id – Untuk pertama kalinya di Indonesia, Bina Bangsa School menjadi sekolah formal pertama di Indonesia yang menawarkan konsep 100 persen sekolah daring.  Sekolah ini juga memiliki kurikulum Cambridge yang menawarkan ujian jenjang IGCSE dan A level.

Kurikulum Cambridge merupakan salah satu kurikulum terbaik di dunia saat ini yang telah diakui oleh banyak universitas unggulan di dunia.   Tahun ini, terutama di tengah pandemi covid-19, Bina Bangsa School memberanikan diri untuk membuka sekolah daring pertama di Indonesia.

Langkah besar ini dilakukan untuk menjawab tantangan akan kebutuhan pendidikan yang berkualitas di masa pandemi dengan beragam disrupsi di seluruh sendi kehidupan masyarakat.

“Pada tahun-tahun mendatang persepsi terhadap sekolah dan sistem pembelajaran akan benar-benar berubah,” kata Indra Charismadji, Direktur Vox Point Indonesia, dalam keterangan persnya, Jumat 30 April 2021.

Indta mengatakan bahwa pandemi covid-19 memaksa semua orang, termasuk guru menggunakan teknologi. Sehingga online learning (sekolah daring) menjadi solusi satu-satunya saat ini.

“Mungkin akan menjadi pilihan di masa depan,” imbuh Indra.

Sayangnya, kata Indra, terdapat kekosongan dalam sistem pendidikan di Tanah Air yang tidak memungkinkan terjadinya pemerataan kualitas pendidikan, terutama di bidang teknologi.  Sebut saja salah satu alasannya adalah guru yang belum terampil dalam menggunakan teknologi.

Dalam kekosongan ini, Bina Bangsa School mencoba mengambil peran aktif dalam memajukan kualitas pendidikan di Indonesia, sekaligus mengambil Langkah kedepan mempersiapkan kelas maya di masa mendatang.  “Inilah saatnya kami melebarkan sayap kami menjangkau anak-anak didik di seluruh pelosok Indonesia dari Sabang hingga Merauke, bahkan di seluruh dunia,” kata Director of Academic Supervision Division Bina Bangsa School, Paulus Sia.

Dalam Bina Bangsa School Online nantinya para siswa akan belajar tiga mata pelajaran yang akan diujikan di A Level seperti Matematika, Fisika, dan Computer Science. Di bidang Bahasa, para siswa akan secara aktif mempelajari Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin.

Ke depan, BBS Online akan mengabungkan pembelajaran tatap muka secara daring dan pembelajaran secara mandiri oleh para siswa sendiri. Selain itu, Bina Bangsa School Online juga didesain bagi para siswa brilian, yang sering berpindah karena urusan tertentu, dan siswa dengan kebutuhan khusus.