M Ichsan Perkuat Dorongan Pembentukan Kabupaten Bogor Timur

Politik057 views

Bogor, Inionline.id Pembahasan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB), Bogor Timur dinilai jauh lebih siap secara administrasi dibandingkan Indramayu Barat.

Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Sadar Muslihat menilai hal tersebut dari data-data yang disampaikan dalam rapat pembahasan bersama stakeholder dan Pemerintah Kabupaten Bogor pada pembahasan lanjutan mengenai (CDPOB).

“Melihat data-data yang dipaparkan Bogor Timur sangat memenuhi syarat untuk dimekarkan. Bahkan bukan keiinginan tetapi kebutuhan, jumlah penduduk maupun luas wilayah juga dari data yang ada jumlah pendapatan asli daerah baik induk maupun CDPOB sudah sangat memenubi syarat,” ujar Sadar di Pemkab Bogor, Rabu (14/4/2021).

Sadar memaparkan, secara geografis kondisi wilayah Bogor Timur sudah terintegrasi dengan jalur strategis seperti kawasan perkotaan dan lingkungan pemerintahan serta Sumber Daya Manusia (SDM) pun ia nilai tidak ada masalah, karena ketersedian pegawai yang cukup banyak, sehingga kini tinggal melakukan pendistribusian.

“Perkembangan infrastruktur yang ada Bogor Timur ini lebih menarik dan jauh lebih mudah untuk akses jalannya,” pungkasnya.

Dorongan penguatan juga datang dari anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat daerah pemilihan Kabupaten Bogor, Mochamad Ichsan Maoluddin.

Menurutnya, dengan berdirinya Kabupaten Bogor Timur maka hal tersebut akan mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

“Kajian itu tidak hanya dari Komisi I DPRD Jawa Barat tetapi juga dari berbagai stakeholder secara akademi bahwa Bogor Timur itu sudah memenuhi persyaratan baik dari sisi jumlah penduduk, pendapatan daerah yang selama ini masuk ke Kabupaten Bogor, dan besok Jum’at 16 April 2021 itu akan di paripurnakan kajian Bogor Timur yang sudah selesai di Provinsi Jawa Barat,” ungkap Ichsan.

Politisi PKS tersebut menyatakan nanti keputusannya tinggal di pemerintah pusat untuk pencabutan moratorium hingga menjadi kabupaten yang mandiri dan merdeka.

“Semua itu dilakukan juga semata-mata sebagai indikator keberhasilan gubenur bagaimana memekarkan kota-kabupaten yang mandiri, tapi proses menuju kemandirian itu melibatkan banyak faktor seperti berapa jumlah ASN yang bisa memfasilitasi dan melayani masyarakat yang nantinya tidak lagi berbicara ke Kabupaten Bogor, tapi Kabupaten Bogor Timur dengan jumlah 7 kecamatan bisa melayani masyarakatnya dengan baik,” papar Ichsan.

Lebih lanjut, kedepannya Kabupaten Bogor Timur pun dipandang oleh M Ichsan perlu penguatan kemandirian dimana potensi daerah yang ada jika digarap dengan baik akan mensupport pembangunan di daerah tersebut.

“Masyarakat Bogor Timur yang ada saat ini akan cukup terbantu apabila pelayanannya sesegera mungkin lebih dekat, kemudian masyarakat terlayani dengan baik, beda halnya dengan Kabupaten Bogor yang terdiri dari 40 kecamatan, 432 desa, itu cakupannya akan lebih luas sehingga pelayanan bisa jadi tidak sesegera mungkin,” tukas Ichsan sebagai satu-satunya anggota DPRD Jabar yang bermukim di Bogor Timur.

Dalam hal penanggulangan bencana, menurutnya juga akan lebih cepat tanggap dan terukur jika Bogor Timur segera dipisahkan dari Kabupaten Bogor.