Komisi III DPRD Jabar Apresiasi Samsat Kota Bandung

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Komisi III menyampaikan hasil kunjungan ke Samsat kota Bandung dimana Samsat tersebut berada di bawah naungan BAPENDA, Rabu (14/4/2021).

Komisi III berkunjung ke Samsat Soekarno Hatta, salah satu Samsat terbaik di Jawa Barat bahkan Nasional, Samsat ini di tahun 2020 dari target 100% pendapatan hanya bisa mencapai 80% karena kondisi pandemi Covid-19.

Kapus (Kepala Pusat) menjelaskan hasil capaian di Triwulan tahun 2021 Samsat Soekarno Hatta kurang lebih bisa mencapai target 24,8%, dengan target itu Asep Arwin Kotsara selaku Komisi III yakin di akhir 2021 akan 100% bisa tercapai.

Samsat ini bisa menjadi suatu contoh karena banyak sekali program dan kreatifitas yang tujuannya untuk memudahkan masyarakat untuk membayar pajak, contohnya Samsat outlet, Samsat Keliling, Samsat Gendong, Samsat Masuk Desa, Samsat Drive thru, Samsat Corner, T Samsat, Samsat KCP Bank BJB dan Samsat 3 Provinsi.

Fasilitas Samsat Drive Thru hanya ada Samsat Soekarno Hatta, sehingga wajib pajak tidak perlu turun dari kendaraan dan membayar dari kendaraan dan Samsat Soekarno Hatta juga menyediakan banyak loket dan proses tidak begitu lama hanya sekitar 5 menit, sehingga masyarakat dimudahkan dalam membayar pajak.

Asep Arwin Kotsara Mengkritisi tentang SAMBARA, sebuah aplikasi untuk membayar pajak secara online, salah satu kelemahan aplikasi ini adalah meskipun kita membayar pajak melalui online tapi akhirnya kita harus tetap datang ke Samsat untuk menukar kwitansi ke outlet tersebut.

“Seharusnya jika online wajib pajak itu tidak perlu datang, saya mengusulkan untuk di kirim saja ke alamat wajib pajak tersebut” ujar Asep.

Dan juga angka yang tertera di online dan offline terjadi perbedaan, lebih mahal offline sekitar Rp 200.000, ini yang menjadi masalah, Asep Arwin Kotsara langsung menyampaikannya ke BAPENDA agar melalukan investigasi, karena jika hal ini terjadi kepada sekian juta orang tentunya akan merugikan rakyat.