by

Ketua Fraksi PAN DPRD Jabar Tanggapi Hasil Penyelenggaraan Musrenbang 2021

Bandung, Inionline.id – Laporan Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja terkait Penyelenggaraan Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Tahun 2021 untuk Penyusunan RKPD Provinsi Jabar Tahun 2022 di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (12/4/2021), telah selesai.

Dalam laporannya tersebut, terdapat rekapitulasi usulan kegiatan dalam proses perencanaan pembangunan tahun 2022 mencapai 8.797 kegiatan. Rinciannya, usulan hibah/bantuan sosial 3.503 kegiatan, usulan pokok pikiran DPRD 4.484 kegiatan, usulan kabupaten/kota 810 kegiatan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Fraksi PAN DPRD Jabar, Supono mengatakan bahwa siklus politik anggaran harus diikuti namun semua pihak harus melihat ketika ada ruang di lapangan dimana banyak juga usulan dari masyarakat yang belum terakomodir.

“Usulan baik dari masyarakat ataupun yang lewat anggota dewan ini harus ada ruang bilamana ada usulan yang tertinggal harus bisa diakomodir,” kata Supono.

Dirinya pun menyinggung terkait pandemi Covid-19 yang mendera Jawa Barat dimana kejadian tersebut merubah proses percepatan pembangunan tanah pasundan.

“Karena itu ada beberapa usulan yang belum terakomodir, maka harus dibicarakan agar ada ruang untuk mengakomodir itu semua, sekarang sudah proses, nanti ada cek dan rechek di Bappeda maupun OPD yang ada dan terkait,” pungkas Supono.