Ketua DPRD Buka Puasa Sambil Donor Plasma

Politik157 views

Inionline.id – Jika pada bulan puasa di era sebelum pandemi, banyak orang mengadakan acara buka puasa bersama, maka ada hal baru yang bisa dilakukan oleh penyintas covid dalam ramadhan ini. Yaitu donor plasma konvalesen.

Seperti yang dilakukan oleh Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto. Setelah dinyatakan lolos screening dan memenuhi syarat sebagai pendonor, dirinya langsung bergegas menuju PMI Kab Bogor untuk pengambilan plasma konvalesen.

“Alhamdulillah bisa buka puasa sambil diambil plasma konvalesen”, ujarnya.

Sebelumnya, Atang bersama belasan penyintas covid lainnya mengikuti uji screening yang diadakan oleh Temanco, SalamAid, PMI Kab Bogor, dan DPRD Kota Bogor pada 10 April lalu. Screening berupa observasi langsung dan pengambilan 6 tabung sampel darah untuk diuji di laboratorium.

“Semoga ikhtiar kecil ini, meskipun tidak seberapa, dapat memberikan manfaat dan membantu saudara kita yang sedang berjuang melawan covid-19, dengan ijin dan kuasa Allah SWT tentunya”, harapnya.

Permintaan Konvalesen Tinggi

Meskipun angka penyebaran covid sdh mulai landai dan menurun, namun kebutuhan plasma konvalesen masih banyak. Ali, petugas PMI Kabupaten yang mengambil plasma konvalesen Atang menyampaikan bahwa permintaan berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat, bahkan juga dari luar Jawa. “Setiap ada yang donor konvalesen, hanya hitungan jam sudah diambil atau dikirim untuk RS yang mengajukan permintaan”, terang Ali.

Menanggapi hal tersebut, Atang Trisnanto yang juga sebagai Ketua DPD PKS Kota Bogor ini mengajak para penyintas untuk bisa mendonorkan plasma konvalesen.

“Pengambilannya mudah. Dapat 615 ml yang bisa dipakai untuk 3 kantong plasma konvalesen dengan ukuran 200 ml. Alhamdulillah tidak ada rasa sakit ataupun efek samping yang menyertai. Apalagi dibarengi dengan buka puasa. Insya Allah menjadi pengalaman baru yang seru dan membahagiakan”, jelasnya.

“Untuk itu kami mengajak sahabat-sahabat penyintas covid yang sudah sembuh dalam 3 bulan terakhir untuk mendonorkan plasmanya. Semoga semakin banyak plasma konvalesen yang bisa di ikhtiarkan untuk membantu yang sedang sakit. Ikhtiar kecil, jika dikumpulkan insya Allah akan bermakna dan bermanfaat”, pungkas calon Doktor IPB ini.