Jabar-Top Karir Indonesia Luncurkan Portal jabarjawara.id

Antar Daerah057 views

KOTA BANDUNG, Inionline.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) berkolaborasi dengan Top Karir Indonesia meluncurkan microsite jabarjawara.id di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (8/4/2021).

Semua informasi mengenai peningkatan kapasitas dan keterampilan tenaga kerja ada dalam jabarjawara.id. Mulai dari pelatihan, seminar, sertifikasi, informasi lowongan kerja, tes minat dan bakat, pelatihan kewirausahaan, sampai informasi beasiswa.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jabar Rachmat Taufik Garsadi mengatakan, pihaknya bersama Top Karir Indonesia akan memasukkan informasi mengenai magang.

“Magang ini menjadi penting. Banyak perusahaan yang mulai memahami betapa pentingnya magang. Peluang tenaga kerja muda untuk direkrut perusahaan sangat besar setelah mengikuti magang,” kata Taufik.

Kehadiran portal jabarjawara.id diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan keterampilan pencari kerja baru, pencari kerja alih profesi, dan pencari kerja lainnya. Apalagi, perkembangan teknologi dan digitalisasi membuat pasar tenaga kerja terus berubah.

Taufik menuturkan, jabarjawara.id sebagai portal terpadu untuk pemetaan potensi tenaga kerja dan industri di Jabar dapat menekan angka pengangguran dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Peningkatan kompetensi dapat mengisi kebutuhan dunia kerja, sehingga masalah skill gap dan pengangguran di Indonesia, khusus Jawa Barat, dapat diatasi,” tuturnya.

“Ini dapat menjadi layanan untuk warga Jabar. Mereka bisa mengakses lapangan usaha sesuai dengan talenta yang dimilikinya melalui asesmen secara gratis,” imbuhnya.

Taufik berharap, dengan adanya jabarjawara.id, percepatan penyerapan tenaga kerja di Jabar dapat terealisasi. Pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19 pun diharapkan bisa berjalan optimal.

“Data yang kami dapatkan dari pemetaan talenta akan menjadi landasan dalam mengambil kebijakan di bidang ketenagakerjaan. Dengan begitu, kebijakan yang dibuat akan efektif dan efisien. Pemetaan ini juga akan bermanfaat bagi dunia usaha, dunia industri,” katanya.

CEO Top Karir Indonesia Bayu Janitra menuturkan, pihaknya menggratiskan tes minat dan bakat bagi 3 juta tenaga kerja Jabar. Tes minat dan bakat akan menjadi indikator dalam pemetaan talenta.

Untuk mendaftar dan mengikuti tes minat dan bakat secara gratis, tenaga kerja Jabar dapat mengakses bit.ly/tmbjabarjawara. Sedangkan kode voucher tes minat dan bakat gratis yakni TMBJABARJAWARA.

“Dunia usaha dan industri, lebih tepat menemukan talenta untuk mengembangkan bisnis mereka. Jadi usahanya makin berkembang,” ucap Bayu.

“Dari sisi pemerintah. Pemerintah memiliki data dengan secara real time, benar-benar data akan ter-update. Ini bisa menjadi acuan dalam mengambil kebijakan,” tambahnya.

Bayu melaporkan, sampai saat ini, sudah ada 3.800 lowongan kerja di jabarjawara.id. Top Karir Indonesia bersama Disnakertrans Jabar akan terus menyerap lowongan-lowongan pekerjaan dalam jabarjawara.id.

“Saya berharap, paling tidak, pada akhir April lowongan pekerjaan yang terdaftar di jabarjawara.id bisa mencapai 10 ribu lowongan pekerjaan. Jadi semua loker ada di jabarjawara.id,” katanya.