by

Iwan Suryawan Nilai Sektor Promotif dan Kuratif Dinkes Jabar Lemah di 2020

Inionline.id – Iwan Suryawan menilai Sektor promotif dan kuratif Dinas Kesehatan Jabar Lemah, karena di tahun 2020 Dinas Kesehatan menjadi pusat perhatian dimana seluruh aktifitas terkait dengan kesehatan tertuju pada Dinas Kesehatan, Rabu (07/04/2021).

Walaupun sebetulnya ini tidak hanya Dinas Kesehatan  harus ada kolaborasi seluruh dinas dan instansi dalam menangani masalah Covid-19.

“Pada tahun 2020 ada hal penting bagaimana antisipasi terkait dengan lemahnya promotif dan kuratif yang mengakibatkan kuratifnya semakin meningkat, dengan berbagai kebijakan yang diambil terutama dalam menangani kesehatan akhirnya bisa tertangani juga” ujar Iwan.

Menjadi catatan betapa pentingnya program promotif dan kuratif ini harus di lakukan mengingat penguatan kepada masyarakat secara umum dalam edukasi pemahaman terkait masalah kesehatan, jika ini tertanggulangi dan kemudian layanan kesehatan juga membaik maka ini akan sedikit mengurangi masalah yang ada.

“Inipun harus terjadi dua arah antara lembaga atau instansi yang memahami tentang pemahaman permasalahan kesehatan dan bagaimana caranya agar bisa di pahami oleh masyarakat, begitu pula dengan langkah-langkah di lapangan harus terjadi kolaborasi antara masyarakat, dinas dan kebijakan yang ada di pemerintah provinsi Jawa Barat” kata Iwan.