Iwan Suryawan Minta Koordinasi Yang Baik Antara Disdik Jabar dengan DPRD Terkait Program Bataru

Pendidikan157 views

Inionline.id – Penerima manfaat program Bataru (Bakti Padamu Guru) di Kabupaten Purwakarta turut memeriahkan Buka Bersama On The Screen 5 2021 via konferensi video, Sabtu (24/4/2021).

Bataru merupakan program kredit rumah tinggal bersubsidi bagi penyelenggara pendidikan yang digagas oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar. Program ini bukan hanya untuk level SMA saja, tapi PAUD-SD-SMP.

Pemda Provinsi Jabar melalui program Bataru menyiapkan 5.000 unit rumah bersubsidi yang tersebar di 20 daerah di Jabar. Di setiap daerah, terdapat lima lokasi perumahan, dan setiap perumahan terdapat 100 unit rumah yang sudah siap ditempati.

Memanggapi program tersebut, anggota Komisi V DPRD Jawa Barat, Iwan Suryawan mendesak Dinas Pendidikan Jawa Barat agar lebih intens lagi berkoordinasi terkait program Bataru ini.

“Komisi V mengetahuinya baru sampai tingkat judul, kita sudah kroscek dinasnya juga belum memahami secara tekhnis, paling baru secara umum,” kata Iwan, Senin (26/04/2021).

Menurutnya sisi teknis sangat penting dimana nantinya kondisi nyata di lapangan pasti nantinya salah satu pihak yang akan ditanya terkait program-program Pemprov Jabar salah satunya anggota dewan.

“Hal ini perlu pemahaman bersama para pengambil kebijakan, program Bataru seperti apa, teknisnya seperti apa, siapa guru yang berhak mendapatkannya, dimana lokasinya, apakah diperumahan yang bersubsidi, itu semua belum ada, kita bertanya juga terkait petunjuk teknisnya belum ada, baiknya semua disinkronkan terlebih dahulu,” tukas Iwan.

Politisi PKS ini pun berharap agar ada koordinasi minimal dinas terkait memberitahukan secara teknis program Bataru seperti apa agar DPRD Jawa Barat bisa membantu mensosialisasikan program tersebut ke masyarakat.