Ini 7 Makanan Kaya Kandungan Vitamin C yang Wajib Kamu Konsumsi Setiap Hari

Kesehatan157 views

Inionline.id – Vitamin C merupakan salah satu nutrisi paling populer dan sangat dibutuhkan tubuh. Vitamin ini bisa membantu melawan radikal bebas serta membantu sistem imun tubuh berfungsi secara tepat.

“Vitamin C bertindak sebagai antioksidan di tubuh dan terlibat dalam sejumlah fungsi tubuh seperti menunjang kesehatan sistem imum tubuh dan kesehatan jantung, menstimulasi sintesis kolagen, serta membantu penyerapan zat besi,” terang Charlotte Martin, M.S., R.D.N, dilansir dari Medical Daily.

Vitamin C bisa kamu peroleh baik dari suplemen maupun makanan tertentu. Salah satu buah-buahan yang sangat erat kaitannya dengan vitamin C adalah jeruk.

Beberapa sayur dan buah memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh untuk dikonsumsi sehari-hari. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah makanan yang kaya dengan kandungan vitamin C.

Paprika

Setengah porsi paprika merah bisa memenuhi 100 persen kebutugan vitamin C dalam sehari. Sayuran ini juga memiliki rasa yang khas dan bisa mudah dipadukan dengan berbagai makanan.

Pepaya

Pepaya selama ini dikenal sebagai buah yang bisa membantu melancarkan pencernaan, namun buah ini ternyata juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kamu bisa mengonsumsinya langsung atau dijadikan jus untuk memperoleh manfaatnya ini.

Brokoli

Setengah porsi brokoli yang matang bisa memenuhi 60 persen kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Sayuran ini bisa kamu olah dalam berbagai macam cara untuk menikmati manfaat sehatnya ini.

Kembang Kol

Banyak yang tak menyangka bahwa sayuran ini kaya dengan kandungan vitamin C. Namun pada faktanya, sayuran ini memiliki tingkat vitamin C yang sangat tinggi dan bermanfaat bagi tubuh.

Bayam

Bayam merupakan sayuran yang mudah ditemui dan bisa diolah menjadi berbagai makanan. Siapa sangka bahwa sayuran satu ini memiliki kandungan vitamin C dalam kadar tinggi dan dibutuhkan oleh tubuhmu.

Labu

Kandungan vitamin C dari labu mungkin tidak setinggi buah dan sayur lainnya. Namun, jumlah vitamin C yang dikandung oleh sayur ini cukup signifikan dan penting bagi tubuh.

Kiwi

Kiwi mengandung 79 persen kebutuhan vitamin C harian. Selain itu, buah ini juga mengandung enzim yang mampu memecah kolagen pada daging sehingga membuatnya lebih lunak.

Sejumlah buah dan sayuran tersebut bisa menjadi sumber yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah tepat terutama pada masa-masa seperti ini.