Ini 6 Tips Gaya Hidup Sehat yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Tuberkulosis

Kesehatan057 views

Inionline.id – Menjaga diri dari masalah kesehatan yang bakal terjadi merupakan hal yang penting dilakukan. Hal ini terutama semakin penting pada penyakit dengan prevelansi tinggi di masyarakat seperti tuberkulosis (TB/TBC).

Asyahidatul Muchlisah Fitriana, Dokter Konsulen Medis Laboratorium Klinik Pramita mengatakan bahwa gaya hidup sehat, menjadi salah satu yang bisa dilakukan agar masyarakat terhindari dari TB.

“Menjalani hidup sehat sangat penting dilakukan, apalagi di era pandemi saat ini, karena dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi kita semua,” kata Fitriana dalam siaran pers beberapa waktu lalu.

“Salah satu manfaat kebiasaan hidup sehat, yaitu meningkatkan kualitas kesehatan dan produktivitas diri,” ia menambahkan. “Banyak hal yang dapat dilakukan untuk hidup sehat, mulai dari hal yang sederhana, seperti minum air putih hingga berolahraga tiap hari.”

Setidaknya, ada 6 cara yang bisa seseorang lakukan untuk menjalani gaya hidup sehat, agar dapat menghindari risiko terkena tuberkulosis.

1. Melakukan Aktivitas Fisik

Masyarakat diimbau untuk melakukan aktivitas fisik secara rutin meskipun saat ini lebih sering di rumah, untuk meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh.

Aktivitas fisik pun dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, seperti jalan kaki atau sambil membersihkan rumah. Tidak hanya untuk kesehatan, olahraga juga dapat membantu mengurangi stres dan mengendalikan kecemasan.

2. Mengonsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah berguna untuk menjaga metabolisme dalam tubuh. Kandungan dalam makanan tersebut membantu tubuh mencegah banyak penyakit yang masuk.

Setiap orang disarankan mengonsumsi buah dan sayur sesuai dengan kebutuhannya. Untuk itu, seseorang dapat berkonsultasi ke dokter spesialis gizi untuk mengetahui porsi yang tepat bagi tubuhnya.

3. Tidak Merokok

Rokok mengandung zat yg bersifat toksik bagi organ tubuh. Selain itu, rokok juga bisa memperparah penyakit yang sudah ada, atau meningkatkan risiko terkena penyakit terutama saluran napas.

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa merokok meningkatkan risiko terinfeksi tuberkulosis paru. Selain itu, rokok juga dapat memperparah infeksi paru akibat TBC.

Tidak hanya bagi perokok aktif, perokok pasif pun juga rentan terkena tuberkulosis.

4. Tidak Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Jika dikonsumsi secara berlebihan, beberapa penyakit bisa muncul akibat minuman beralkohol. Beberapa di antaranya seperti hepatitis, perlemakan hati, kanker, anemia, dan tuberkulosis.

5. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Apabila lingkungan sehat, maka berbagai macam sumber penyakit tidak akan mudah datang ke dalam tubuh. Selain itu, membersihkan lingkungan juga bisa menjadi salah satu cara untuk tetap aktif bergerak.

6. Cek Kesehatan Secara Berkala

Cek kesehatan atau Medical Check Up, menjadi langkah preventif yang direkomendasikan untuk mengetahui penyakit yang diderita, atau mencegah kemungkinan komplikasi untuk beberapa penyakit.

Lebih dini mengetahui risiko sebuah penyakit serta mengetahui kondisinya bisa menjadi jalan dalam mengatasinya. Hal ini bisa mengobati penyakit dengan cepat serta mencegah kondisinya semakin memburuk.