Ini 5 Manfaat Kesehatan yang Tersembunyi di Balik Segarnya Cincau

Kesehatan257 views

Inionline.id – Salah satu minuman yang menjadi favorit banyak orang di bulan Ramadan seperti sekarang adalah cincau. Rasa menyegarkan dari minuman ini cocok dicampurkan dengan berbagai jenis minuman.

Cincau sendiri merupakan minuman yang cukup dikenal pada beberapa daerah di Asia. Minuman berbahan cincau ini sangat mudah diperoleh baik dalam bentuk utuh maupun sudah dalam bentuk minuman di dalam kaleng yang mudah diperoleh di toko-toko.

Minuman ini sendiri tidak hanya memiliki rasa yang menyegarkan dan lezat saja namun juga memiliki manfaat yang menyehatkan. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dari cincau.

Melancarkan Pencernaan

Cincau mengandung alkaloid serta memiliki vitamin B dan C juga di dalamnya. Adanya kandungan tersebut mampu membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sakit perut serta diare.

Kontrol Berat Badan dan Cegah Konstipasi

Mengontrol Berat Badan

Minuman ini kaya dengan serat yang membuatnya berperan besar dalam menjaga berat badan sambil menyediakan asupan nutrisi bagi tubuh. Cincau juga rendah kalori dan memiliki kandungan gula yang sangat dibutuhkan untuk menjaga asupan energi.

Mencegah Konstipasi

Kandungan kaya serat yang dimiliki oleh cincau ini menjadikannya sebagai obat yang sangat baik melawan konstipasi. Hal ini tentu sangat penting untuk menghindarkan masalah kesehatan nan mengganggu dari dirimu.

Jaga Gula Darah dan Lawan Malaria

Menjaga Gula Darah

Cincau mengandung bisbenzylisoquinoline (alkaloid) dan klorofil yang bisa berguna untuk penderita diabetes. Dua kandungan tersebut sangat berguna untuk menstabilkan tingkat gula darah.

Lawan Malaria

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cincau dapat menjadi obat yang sangat berguna untuk melawan malaria. Hal ini terjadi karena kandungan alkaloid yang ada di dalamnya.

Beragam manfaat itu bisa kamu dapatkan dengan konsumsi minuman menyegarkan ini. Sambil menghapus dahaga karena berpuasa seharian, kamu juga bisa sekaligus menyegarkan tubuh.