Ikut Berduka, PD Harap Pemerintah Memberi Perhatian Penuh ke Keluarga Awak KRI Nanggala

Politik057 views

Inionline.id – Partai Demokrat berduka cita atas gugurnya 53 awak kapal selam KRI Nanggala 402. Kapal selam tersebut dinyatakan tenggelam setelah pada Rabu (21/4) lalu mengalami hilang kontak saat melakukan latihan penembakan torpedo di perairan Bali.

“Atas nama para kader, pengurus, pribadi serta keluarga, saya mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas gugurnya para patriot bangsa ini. Kami berdiskusi bagaimana kita sebagai bangsa bisa membalas jasa para prajurit yang gugur dalam tugas negara ini,” kata Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dalam keterangannya, Senin (26/4).

AHY meminta kader dan pemerintah memberikan perhatian penuh pada keluarga korban.

“Saya memerintahkan Sekjen dalam kapasitas sebagai anggota Komisi I DPR RI untuk menyarankan agar Pemerintah memperhatikan penuh para keluarga yang ditinggalkan. Memang sudah pasti ada perhatian dari negara sesuai prosedur tetap, tapi ini peristiwa luar biasa, sehingga perhatian pemerintah pun harus luar biasa,” katanya.

Bentuk perhatian yang patut dipertimbangkan, menurut AHY, mencakup setidaknya tiga hal pokok. Pertama, Pemerintah dapat memberikan tunjangan penuh dengan memberikan gaji utuh, tidak dipotong sebagaimana halnya uang pensiun.

Kedua, Pemerintah memberikan beasiswa hingga lulus universitas bagi seluruh putra-putri awak yang gugur. Ketiga, pemerintah memberikan fasilitas perumahan bagi masing-masing keluarga yang ditinggalkan.

AHY menyebut biaya yang dikeluarkan Negara untuk mewujudkan tiga harapan tersebut masih lebih kecil dibandingkan pengorbanan nyawa yang sudah diberikan oleh 53 awak KRI Nanggala 402.

“Partai Demokrat sudah dan akan terus memperjuangkan harapan rakyat, termasuk para prajurit TNI yang menjadi bagian tak terpisahkan dari rakyat Indonesia,” tandasnya.