Facebook dan Telegram Turut Mengembangkan Fitur Serupa Clubhouse

Iptek057 views

Inionline.id – Para pengguna iPhone tentu sudah tak asing dengan digunakannya aplikasi audio conference Clubhouse untuk mengadakan seminar. Saking populernya, kini banyak raksasa teknologi lain ingin menunggangi tren tersebut.

Twitter misalnya, sudah memperkenalkan fitur bernama Spaces. Seperti Clubhouse, fitur ini memungkinkan pengguna membuat ruang obrolan suara, mengajak orang lain jadi pembicara, dan pengguna-pengguna lainnya bisa ikut mendengarkan diskusi.

Facebook juga kabarnya mengembangkan layanan mirip Clubhouse. Instagram juga dikabarkan akan merilis fitur baru yakni live audio rooms. Begitu juga dengan ByteDance, induk Xiaomi, yang kabarnya meracik layanan serupa.

Aplikasi chatting Telegram menghadirkan update beta, membawa fitur yang menawarkan kemampuan seperti Clubhouse.

Peneliti aplikasi Alessandro Paluzzi yang belum lama ini membagikan fitur mirip Clubhouse di Instagram, kini mengkonfirmasi isu Facebook juga mengembangkan layanan mirip Clubhouse. Terdapat bocoran fitur baru Facebook yang sekarang tengah dalam pengembangan tahap awal.

“Facebook tengah mengembangkan audio rooms. Fitur ini tampaknya masih dalam tahap awal pengembangan, antarmuka ini masih dalam bentuk contoh,” cuit Paluzzi di akun Twitter @alex193a.

Contoh antarmuka fitur Facebook mirip Clubhouse tersebut memperlihatkan fitur yang akan datang memungkinkan pengguna membuat ruang audio bersama pengguna Facebook lainnya.

Seperti Clubhouse, fitur Facebook ini juga akan memungkinkan pengguna mengundang pendengar dengan membagikan tautan rooms, mengirim Messenger, menulis unggahan tentang Facebook, atau membagikannya ke grup.

Telegram Juga Turut Serta

Telegram juga mengerjakan alternatif Clubhouse lainnya yang telah diluncurkan ke pengguna dalam pembaruan beta terbaru.

TestingCatalog baru-baru ini melihat fitur tersebut dan membagikan tangkapan layar.

Dalam tangkapan layar tersebut, terlihat fitur mirip Clubhouse bernama Voice Chat. Fitur ini bisa ditemukan di halaman grup dengan menekan titik tiga dan memilih Start Voice Chat.

Di sini, pengguna bisa memulai Voice Chat sebagai profil personal atau pun sebagai profil channel.

Segera setelah membuat ruang obrolan, tampilan ruang obrolan akan terlihat melayang transparan di atas chat.

Fitur ini juga mengizinkan pengguna merekam suara dan membagikannya ke channel sebagai file audio.

Disebutkan, fitur ini telah tersedia di Telegram beta versi 7.6. Namun, Tekno Liputan6.com sudah bisa menjajal fitur ini untuk percakapan audio grup. Perlu dicatat, dalam percobaan kami, ruang obrolan Telegram hanya bisa dibuat oleh admin atau pemilik grup.