Bos Clubhouse Membantah Data Pengguna Bocor

Iptek057 views

Inionline.id – Baru-baru ini, Cyber News melaporkan database SQL berisikan 1,3 juta data pengguna Clubhouse bocor dan tersedia secara gratis di forum hacker.

Kabar kebocoran data ini pun langsung ditanggapi oleh CEO Clubhouse, Paul Davidson. Dia mengatakan, laporan yang mengatakan data pribadi pengguna bocor adalah salah.

“Tidak, kabar ini menyesatkan dan salah, ini adalah artikel clickbait, kami tidak diretas,” jelas Paul Davidson, Senin (12/4).

Dia menambahkan, “Data yang dirujuk dalam laporan adalah semua informasi profil publik dari aplikasi. Jadi yang pasti jawabannya adalah tidak.”

Informasi, Cyber News merilis sebuah laporan yang mengatakan database SQL berisikan informasi 1,3 juta data pengguna Clubhouse bocor dan tersedia secara gratis di forum hacker.

Adapun database yang bocor di internet itu berisi berbagai informasi terkain profil pengguna Clubhouse, termasuk user ID, nama, URL foto, username, akun Twitter, dan akun Instagram.

Informasi lain yang juga bocor, antara lain jumlah follower, jumlah orang yang di follow, tanggal akun dibuat, dan nama profil pengguna yang mengundang ke Clubhouse.

Tak Ada Data Sensitif

Walau database SQL yang bocor hanya berisi informasi profil Clubhouse, dan tidak ada data yang sangat sensitif seperti detail kartu kredit atau dokumen lainnya bukan berarti tidak ada dapat disalahgunakan oleh pelaku kejahatan.

Karena profil pengguna Clubhouse terhubung dengan profil media sosial pengguna lainnya, pelaku kejahatan dapat melancarkan serangan yang berbahaya terhadap korbannya.