Bidik Pasar Ekspor, Shopee dan Gibran Menggali Potensi UMKM Solo

Ekonomi057 views

Inionline.id – Shopee bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengadakan kerja sama mendorong UMKM bersaing di pasar global. Pada Jumat (23/4), nota kesepahaman ditandatangani oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming dengan Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja.

Handhika mengatakan, UMKM adalah bagian penting dari Shopee. Sehingga, membantu UMKM Solo yang dinilai berpotensi besar menjadi bagian dari komitmen perusahaan.

“Misi kami selalu bergerak membantu UMKM untuk membangun bisnis yang lebih besar lagi di pasar nasional dan global. Di Solo ada 40 ribu UMKM yang sudah bergabung, 5 ribu di antaranya sudah ekspor. Ini merupakan potensi besar untuk berkembang,” kata Handhika.

Menurutnya, kerja sama ini direncanakan akan berlangsung dalam jangka panjang. Handhika menyatakan pihaknya telah mempersiapkan beberapa program untuk UMKM, mencakup edukasi, bantuan finansial, hingga pemasaran.

“Pertama edukasi, bagaimana mengelola toko lebih baik. Kedua, kita ada pendanaan juga, membantu berinvestasi dari segi mesin dan mental agar bisa lebih baik. Kemudian ada kampanye-kampanye tertentu, seperti ‘Shopee Pilih Lokal’ untuk membantu memasarkan,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Gibran meminta Shopee agar terlibat dalam pembinaan UMKM. Hal itu sekaligus menjadi usaha percepatan pemulihan ekonomi Solo yang terdampak pandemi.

“Saya mohon UMKM Solo dibina, dan paling nggak UMKM Solo naik kelas. Saya yakin produk UMKM di Solo berkualitas dan diminati. Saya yakin sekali bisa go national dan international,” katanya.

Lebih lanjut, Gibran juga menambahkan agar Shopee segera membuka kantor di Solo. Dia ingin 40 ribu UMKM yang telah bergabung dengan Shopee dapat terjaga dengan baik, serta terus bertambah.

“Saya minta agar office di Solo dipercepat. Kalau komplain dan lain-lain agar bisa ditangani dengan baik. Saya harap 40 ribu UMKM ini di-maintain dengan baik. Kita enggak ingin 40 ribu itu ada yang tidak aktif,” ujar Gibran.