Awas, Signal Bakal Menyalip WhatsApp

Iptek057 views

Inionline.id – Signal kini menjadi aplikasi dengan pertumbuhan paling cepat secara global, baik dari jumlah unduhan maupun pengguna aktif bulanan (MAU) pada kuartal pertama 2021. Demikian mengutip laporan kinerja aplikasi yang dipublikasikan oleh perusahaan analitik aplikasi App Annie.

“App Annie mencatat, Signal merupakan aplikasi dengan pertumbuhan paling cepat dari jumlah unduhan dan pengguna aktif bulanan,” demikian tulis NDTV dalam laporannya mengenai performa Signal dari data App Annie.

Pertumbuhan signifikan Signal seiring dengan berbagai keributan atas kebijakan privasi baru WhatsApp yang bakal berlaku 15 Mei mendatang.

Masih berdasarkan App Annie, aplikasi perpesanan lainnya, Telegram, berada di posisi ketiga dalam jumlah unduhan dan nomor dua di jumlah pengguna aktif bulanan.

Minggu (4/4), Signal mendapatkan popularitas tinggi karena kesederhanaan dan fokusnya pada privasi pengguna.

Para pengguna WhatsApp dikabarkan telah berpindah ke Signal dalam jumlah masif. Kebijakan privasi baru WhatsApp yang dirilis dalam sebulan mendatang dinilai telah membantu pertumbuhan basis pengguna Signal dan Telegram.

Apalagi, WhatsApp dikabarkan akan membagikan data pengguna ke Facebook. Meski demikian, hal ini sudah dibantah oleh pihak WhatsApp.

Dipakai Pesohor

Menurut App Annie, deretan aplikasi paling populer dari jumlah unduhan, pengeluaran konsumen, serta jumlah pengguna aktif bulanan dari App Store dan Google Play antara lain adalah TikTok, YouTube, dan Facebook.

Dari kategori jumlah unduhan, TikTok memimpin daftar, diikuti oleh Facebook dan Instagram. Sementara itu, Signal digunakan oleh banyak pesohor. Mulai dari Edward Snowden, yayasan Black Lives Matter Foundation, hingga Ibu Negara AS masa Presiden Trump, Melania Trump, kini menggunakan aplikasi Signal. Populartas Signal melonjak ketika CEO SpaceX Elon Musk mempromosikannya di Twitter.

Para aktivis juga disebut-sebut menggunakan Signal untuk mengkoordinasi gerakan protes, para profesional di bidang keuangan memakai Signal untuk bertukar informasi sensitif, bahkan jurnalis pun berkomunikasi dengan narasumber memakai Signal.

Sementara itu, Telegram belum lama ini mengklaim mereka mendapatkan 100 juta pengguna baru.