Anggota Komisi X Menilai Reshuffle Kabinet Kali Ini Tak Berkaitan Kinerja Menteri

Politik057 views

Inionline.id – Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira mengatakan, reshuffle kabinet yang kian berhembus berkaitan dengan penggabungan Ristek dengan Kemendikbud. Serta pembentukan Kementerian baru, yaitu kementerian investasi.

Penggabungan Ristek ke Kemendikbud akan membawahi riset pendidikan oleh perguruan tinggi. Sementara Ristek terapan akan dikoordinasikan di bawah BRIN. Karena itu, kata dia, reshuffle ini bukan karena kinerja Nadiem.

“Sehingga sebenarnya reshuffle ini tidak ada kaitan dengan kinerja Menteri apalagi Mendikbud,” kata Andreas kepada wartawan, Rabu (14/4).

Andreas mengatakan, Mendikbud akan diberikan tanggung jawab tambahan untuk mengoordinasi riset pendidikan. Menurutnya, kinerja Nadiem bagus dan menyiapkan terobosan dunia pendidikan. Misalnya kebijakan merdeka belajar, kampus merdeka, dan peningkatan status guru honorer. Andreas mengatakan tidak ada urgensi dan relevansi me-reshuffle Nadiem.

“Sebagai anggota Komisi X saya melihat selama ini kinerja Nadiem Makarim bagus-bagus saja, bahkan dengan Nadiem sedang mempersiapkan terobosan-terobosan dalam dunia pendidikan dengan merdeka belajar, kampus merdeka dan peningkatan status guru-guru honorer. Saya tidak melihat urgensi dan relevansi untuk mereshuffle Nadiem,” katanya.