63 Orang Diamankan Terkait Kerumunan Jakmania di Bundaran HI

Berita057 views

Inionline.id – Euforia Jakmania atas kemenangan Persija melawan Persib berlanjut hingga ke jalanan. Ribuan suporter Persija itu tumpah ruah ke jalan hingga memadatkan arus lalu lintas.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi mengatakan bahwa peristiwa tersebut terjadi secara tiba-tiba pada Minggu (25/4) malam. Aparat kepolisian dan TNI turun ke lokasi untuk membubarkan para suporter.

“Tadi malam itu masyarakat tiba-tiba datang. Oleh karena itu, yang piket malam diperkuat Brimob, Polda Metro, dan TNI kami membubarkan, kita dorong supaya bubar,” kata Hengki saat dihubungi, Senin (26/4/2021).

Hengki mengatakan para suporter itu datang dari beberapa tempat, tidak hanya dari Jakarta Pusat. Beberapa di antaranya diamankan oleh aparat kepolisian.

“Ada yang dibawa, diamankan ke Polda Metro Jaya. Ada 63 orang yang sudah diamankan,” kata Hengki.

Hengki merasa prihatin atas kejadian tersebut. Sebab, para suporter berkumpul di tengah masa pandemi Corona yang belum berakhir.

Tidak hanya masalah jaga jarak, beberapa di antaranya juga tidak menggunakan masker.

“Ini memprihatinkan, karena kumpul-kumpul tanpa masker. Jadi semalam itu tiga pilar sudah membubarkan. Jumlahnya ribuan,” katanya.

Pesta Jakmania atas kemenangan Persija ini viral di media sosial. Dalam video viral tampak ribuan suporter berkumpul di Bundaran HI.

Mereka merayakan kemenangan atas tim kebanggaannya, ‘Macan Kemayoran’. Tidak hanya meneriakkan yel-yel, massa juga menyalakan petasan.

Beberapa di antaranya bahkan menceburkan diri ke kolam Bundaran HI. Massa tampak berkonvoi sehingga memadati Jalan MH Thamrin-Sudirman.

Seperti diketahui, Persija menang atas Persib dengan skor 2-1 di Sleman.