5.851 Guru di Kota Bogor Sudah Menjalani Vaksinasi Covid-19

Pendidikan057 views

Inionline.id – Sebanyak 5.851 guru dan tenaga kependidikan di Kota Bogor, Jawa Barat telah menerima vaksin covid-19 jelang tahun ajaran baru 2021/20211. Jumlah ini setara 77,5 persen dari total guru dan tenaga kependidikan di Bogor yang sebanyak 7.551 orang.

“Hingga kini ada 1.700 tenaga pendidik yang belum tervaksinasi,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Hanafi dalam dialog Fortadikbud di Hotel Santika Bogor, Sabtu, 17 April 2021.

Menurut Hanafi, angka menunjukkan Kota Bogor semakin siap dalam menghadapi pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Tentuya, tetap mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Kementerian.

“Selain kesiapan, daftar periksa dan protokol kesehatan, yang penting juga. Disdik dan Sekolah menanyakan ke orang tua untuk izin siswa mengikuti PTM. Kami tidak memaksakan anak untuk ke sekolah,” tambah dia.

Pemkot Bogor juga tengah mempersiapkan kurikulum yang akan digunakan pada PTM terbatas nanti. Persiapan kurikulum ini bersifat imbauan kepada sekolah agar tidak langsung memberikan materi pembelajaran yang berat, seperti arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

“Persiapan kurikulum yang akan digunakan juga tengah dipersiapkan dan akan diuji coba di akhir April,” tutur dia.

Pemerintah berupaya mengebut vaksinasi covid-19 untuk guru dan tenaga kependidikan. Secara nasional, pemerintah menargetkan lima juta guru dan tenaga kependidikan sudah menjalani vaksinasi pada Juni 2021.