by

3 Hal Ini Pantang Dilakukan di Ruang UTBK

Inionline.id – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021 dimulai hari ini, Senin, 12 April 2021. Ada beberapa aturan yang pantang dilakukan peserta di dalam ruang ujian.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengingatkan, agar peserta mematuhi peraturan saat berada di ruang ujian UTBK. Selain wajib menerapkan protokol kesehatan, ada beberapa aturan lain yang pantang dilakukan.

“Di tengah masa pandemi covid-19 inipun LTMPT berkomitmen untuk dapat memberikan tes seleksi masuk terbaik, dengan tetap mengutamakan aspek kesehatan dan keamanan bersama,”

Ini tiga hal yang pantang dilakukan di dalam ruang ujian UTBK:

Berbicara

Setelah masuk ruang ujian, peserta dilarang berbicara dengan alasan apapun.

Melepas masker

Selama di ruang ujian peserta wajib mengikuti protokol kesehatan pencegahan covid-19. Untuk itu peserta haram hukumnya melepas masker di dalam ruangan.

Tidak boleh keluar ruangan

Sebelum waktu ujian selesai, tidak diperkenankan keluar ruangan.  Adapun setelah ujian selesai, ada beberapa hal yang mesti dilakukan peserta. Yakni keluar ruangan setelah dipersilakan oleh Pengawas. Ketika keluar ruangan tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Jadwal UTBK 2021

1. Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 12 – 18 April 2021
2. Pelaksanaan UTBK Gelombang II : 26 April – 02 Mei 2021 (penambahan waktu 3-4 Mei)
3. Pengumuman Hasil SBMPTN : 14 Juni 2021