Waka Komisi IX: MUI Sudah Mengeluarkan Fatwa, Jangan Ragu Gunakan AstraZeneca

Headline, Nasional257 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk segera mendistribusikan vaksin Corona dari AstraZeneca. Waki Ketua (Waka) Komisi IX DPR RI, Charles Honoris mengimbau masyarakat agar tak perlu ragu menggunakan vaksin AstraZeneca.

“MUI sudah mengeluarkan fatwa yang pada dasarnya membolehkan penggunaan vaksin AstraZeneca dalam situasi darurat. Pemerintah dan BPOM juga sudah memastikan bahwa vaksin tersebut aman digunakan,” kata Charles kepada wartawan, Senin (22/3/2021).

“Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu ragu-ragu dalam menggunakan vaksin COVID-19 buatan AstraZeneca yang sudah diloloskan oleh BPOM,” imbuhnya.

Vaksin AstraZeneca memang sedang dibicarakan. Namun, menurut Charles, pemerintah sudah bersikap terbuka.

“Di sisi lain, pemerintah juga harus berkomitmen untuk terus terbuka dan transparan dalam menyampaikan berbagai informasi terkait pandemi COVID-19 kepada publik. Dukungan publik terhadap kebijakan dan program seperti vaksinasi juga sangat bergantung pada komunikasi publik yang baik dari pemerintah,” ujar Charles.

Sejumlah lembaga dan organisasi sudah menyatakan bahwa vaksin AstraZeneca dapat digunakan karena kondisi darurat. Untuk lepas dari kondisi pandemi itu, program vaksinasi, menurut Charles menjadi kunci.

“Tidak ada alasan bagi seluruh elemen bangsa untuk tidak mendukung program vaksinasi. Pencapaian ‘herd immunity‘ melalui program vaksinasi adalah salah satu kunci membawa Indonesia keluar dari pandemi COVID-19,” imbuhnya.

Vaksin Corona dari AstraZeneca sebelumnya telah mendapatkan lampu hijau dari BPOM dan MUI. Presiden Jokowi kemudian berdiskusi langsung dengan para kiai di Jawa Timur soal vaksin AstraZeneca ini.

Hasilnya, para kiai di Jawa Timur menyatakan Jawa Timur siap diberi vaksin AstraZeneca. Nantinya, vaksin AstraZeneca akan digunakan di pondok-pondok pesantren di Jawa Timur.

“Saya kira ini patut kita apresiasi,” kata Jokowi di Sidoarjo, Senin (22/3/2021).

Oleh sebab itu, Jokowi meminta vaksin AstraZeneca segera didistribusikan. Tak hanya ke Jawa Timur, provinsi lain juga akan menerima vaksin tersebut. Arahan itu diberikan Jokowi kepada Menkes Budi Gunadi Sadikin.

“Tadi saya sudah memerintahkan ke Menteri Kesehatan untuk segera mendistribusikan vaksin AstraZeneca ke Jawa Timur dan provinsi-provinsi lainnya,” ucapnya.