Sosialisasi 4 Pilar, Achmad Ru’yat Tes Warga Tamansari Menghafal UUD 45 dan Pancasila

Politik257 views

BOGOR, Inionline.id – Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Achmad Ru’yat mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan kepada warga di Jalan Pisang RT 01 RW 05 Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Senin (15/3/2021).

Dalam sosialisasi 4 pilar, Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menerangkan nilai-nilai luhur Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Setiap pilar memiliki tingkat, fungsi, dan konteks yang berbeda. Posisi Pancasila tetap ditempatkan sebagai nilai fundamental berbangsa dan bernegara.

“Warga di Kecamatan Tamansari ini menyambut sosialisasi 4 pilar kebangsaan, karena jiwa nasionalisme merupakan modal sosial dalam membangun bangsa dan pancasila merupakan hadiah terbesar dari umat islam,” ucap Ru’yat usai Sosialisasi 4 Pilar.

Dalam kesempatan itu, Ru’yat juga mengetes warga untuk menghapal pembukaan UUD 1945 dan Pancsila.

“Alhamdulillah semua hafal baik pembukaan UUD 1946 maupun Pancasila,” katanya.

Disiplin memakai masker menjadi bagian sosialisasi 4 pilar Wakil Ketua DPRD Jabar, Achmad Ru’yat di Tamansari Bogor, Senin (15/03/2021).

Terkait dengan UUD 1945, lanjut Ru’yat dirinya menjelaskan pasal 29 tentang kebebasan beragama, bagaimana saling menghargai, saling menghormati termasuk Bhineka Tunggal Ika. Dimana NKRI dari Sabang sampai Merauke yang penuh keragaman yang lebih dari 17 ribu pulau tetap bersatu meskipun berbeda tetapi satu dalam kesatuan Republik Indonesia.

“Jadi kesadaran ini penting, sehingga ini menjadi modal dalam melaksanakan interaksi sosial dalam membangun negara Republik Indonesia,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi 4 pilar ini menjelaskan implemetatif 4 pilar tersebut untuk membekali masyarakat dalam melakukan interaksi sosial.

“Prinsip-nya cara ini sosialisasi 4 pilar, tapi kita lebih menjelaskan lebih kepada tataran implementasi, jadi 4 pilar dalam membekali interaksi sosial masyarakat dalam kehidupan sehari hari,” pungkasnya.