Sony Jual 4,5 Juta Unit PS5 di tahun 2020

Iptek157 views

Inionline.id – Pabrikan konsol gim asal Jepang Sony melaporkan bahwa di 2020, mereka berhasil menjual 4,5 juta unit konsol PlayStation 5 (PS5) secara global.

Dalam laporan pendapatan tahunannya, terlihat bahwa angka tersebut menyoroti kemampuan Sony untuk memproduksi konsol secara massal. Apalagi, PS5 terbilang sulit didapatkan sejak diluncurkan pada November 2020.

Gara-gara sudah ada PS5 pula, permintaan untuk PS4 turun drastis dari tahun lalu. Sony mencatat, jumlah PS4 yang terjual sepanjang Oktober-Desember 2020 sebesar 1,4 juta unit.

Perusahaan menyebut, terjadi penurunan 77 persen penjualan PS4 dibandingkan tahun sebelumnya..

Pendapat Sony

Disebutkan oleh Sony, pendapatan perusahaan meningkat 40 persen menjadi USD 8,4 miliar di mana sebagian besar didorong oleh penjualan PS 5.

Sementara, keuntungan operasional Sony naik 50 persen menjadi USD 763,3 juta karena penjualan gim yang lebih tinggi, langganan PlayStation Plus, dan margin yang lebih baik pada perangkat keras PS4.

Menurut Sony, beban biaya terkait peluncuran PS 5 mengimbangi beberapa keuntungannya. Sony juga menyebut, PS5 sendiri dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan biaya produksinya.