Reses di PGRI Kota Bogor, Iwan Suryawan Tampung Permasalahan Pendidikan

Pendidikan157 views

BOGOR, Inionline.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, Iwan Suryawan melakukan Reses tahun sidang 2020-2021 dengan mengunjungi kantor Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Bogor di Jalan Merdeka, Bogor Tengah, Kota Bogor, Selasa (2/3/2021).

Kedatangan anggota Komisi V ini diterima langsung oleh ketua PGRI Kota Bogor HMI. Sahri dan membahas tentang permasalahan sekolah di Kota Bogor mulai dari guru honorer, pelaksanaan PPDB dan sarana prasarana.

Iwan mengatakan, dirinya melakukan reses di Kantor PGRI Kota Bogor, karena perlunya masukan-masukan dari para tokoh pendidikan terkait dengan kebijakan pendidikan di Jawa Barat.

“Dari sini banyak hal yang menjadi masukan dan semoga ini menjadi hal yang tidak terpisahkan ketika kami kembali membahas masalah pendidikan di DPRD Provinsi khusunya di komisi V,” ucap Iwan.

Lebih lanjut, Iwan mengungkapkan, masukan dari tokoh pendidikan ini untuk memperkuat revisi perda pendidikan di Jabar. Hal ini juga bisa menjadi bahan bagi DPRD Jabar untuk memperjuangkan pemenuhan, kebutuhan, pelaksanaan dan pengelolaan pendidikan di Jabar.

“Karena ketika kita bicara pendidikan tidak hanya guru dengan murid, tetapi disana ada sarana prasarana, kebijakan dan kebutuhan-kebutuhan lain yang semuanya harus merasakan nyaman dan terfasilitasi untuk tujuan pendidikan,” jelasnya.

Selain itu, Iwan juga membahas masalah sistim zonasi dalam pelaksanaan Penerimaan Siswa Didik Baru (PPDB) di Kota Bogor, sebab dengan sistim zonasi masih banyak siswa yang ingin masuk ke sekolah negeri ada beberpaa daerah yang secara zonasi belum bisa masuk ke sekolah favorit.

“Kebijakan zonasi ini menjadi sorotan. Banyak kebijakan yang bisa di terima oleh masyarakat terutama yang ingin sekolah di sekolah negeri. Kebijakan itu pasti ada plus minusnya, dan ini tidak bisa di hindari, tetapi sedikitnya bisa meminimalisir konflik yang terjadi ketika PPDB,” terangnya.

Sementara, ketua PGRI Kota Bogor, HMI. Sahri menuturkan banyak permasalahan di dunia pendidikan Kota Bogor, seperti kesejahteraan guru yang saat ini sedang diperjuangkan oleh PGRI dan tentang bantuan dari pemeritah Provinsi Jabar untuk bisa meningkatkan pembangunan sekolah di wilayah Kota Bogor.

“Untuk zonasi sebenarnya bagus, namun dalam penerapannya kadang masih ada faktor-faktor yang mempengaruhi sistim zonasi itu,” tandasnya.