Prancis Akan Terapkan Lockdown Terbatas AkibatKasus Covid Meningkat

Internasional057 views

Inionline.id  Perdana Menteri Prancis Jean Castex pada hari Kamis mengumumkan penguncian selama sebulan di beberapa wilayah di Paris. Hal itu guna memerangi kasus Covid-19 yang melonjak dan sambil bersikeras bahwa tindakan tersebut tidak akan seketat di masa lalu.

Sementara bisnis yang tidak penting akan ditutup, pergerakan di luar akan dibatasi di daerah yang terkena dampak, sekolah akan tetap buka dan olahraga di luar ruangan diperbolehkan hingga 10 kilometer (6 mil) dari rumah, katanya.

“Kami mengadopsi cara ketiga, cara yang memungkinkan pengereman (epidemi) tanpa mengunci (orang),” kata Castex kepada wartawan, Jumat (19/3/2021).

Dia mengatakan tindakan dilakukan pemerintah karena peningkatan jumlah kasus Covid-19 karena “gelombang ketiga” virus, dengan sekitar 1.200 orang dalam perawatan intensif di wilayah Paris saja.

Wilayah lain yang terpengaruh oleh tindakan baru tersebut terutama juga mencakup wilayah Hauts-de-France di timur laut Prancis yang meliputi kota Lille.

Menteri Kesehatan Olivier Veran mengatakan bahwa ada lebih banyak orang yang dirawat intensif di wilayah Paris dibandingkan pada gelombang kedua di bulan November, dengan kapasitas rumah sakit sekarang sudah jenuh.

Hampir tepat setahun yang lalu, Presiden Emmanuel Macron memerintahkan penguncian nasional pertama Prancis yang merupakan salah satu yang paling ketat di dunia, diikuti oleh yang kedua pada akhir Oktober.

Seperti dalam penguncian sebelumnya, formulir yang ditulis atau diunduh di telepon akan diperlukan untuk membenarkan mengapa seseorang meninggalkan rumah di area di bawah batasan baru.

Penduduk di daerah yang terkena dampak tidak akan diizinkan pergi, kecuali untuk bisnis penting, kata Castex.

Namun Castex mengatakan bahwa “meskipun ini bukan kabar baik” bagi orang-orang yang tinggal di wilayah tersebut, pembatasan kali ini tidak terlalu ketat.

“Tindakan pengurungan ini tidak akan menjadi pengulangan yang kami terapkan pada Maret dan November lalu,” kata Castex.

Sementara itu, jam malam yang telah diberlakukan secara nasional juga akan dilonggarkan di seluruh Prancis sehingga berakhir pada pukul 19:00 bukan 18:00 untuk memperhitungkan hari-hari yang lebih panjang, kata Castex.

Penanganan krisis kesehatan berdampak pada Macron, hanya dalam waktu 12 bulan sejak pemilihan presiden. Pemerintah sangat menyadari bahwa selain mendaftarkan kasus yang melonjak, Prancis telah memulai kampanye vaksinasi dengan lamban.

Minggu ini mereka menangguhkan penggunaan jab AstraZeneca / Oxford minggu ini sejalan dengan banyak negara Eropa setelah laporan pembekuan darah. Tapi setelah lampu hijau sebelumnya dari European Medicines Agency bahwa vaksin itu “aman dan efektif”, suntikan sekarang akan dilanjutkan, kata Castex.

“Saya akan mendapatkan diri saya divaksinasi dengan vaksin ini untuk menunjukkan bahwa kami dapat memiliki kepercayaan penuh terhadapnya,” kata Castex.