PPKM Diperpanjang, Warga Isolasi Mandiri Mendapat Beras 20 Kg

Ekonomi057 views

Inionline.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan masyarakat yang melakukan isolasi mandiriselama 14 hari akibat terinfeksi virus corona mendapatkan beras gratis sebanyak 20 kilogram (Kg).

Treatment dilakukan isolasi mandiri, terpusat, atau perawatan yang dikoordinasikan di pos jaga desa keseluruhan dan dibarengi dengan bantuan beras 20 kg per rumah,” ucap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Senin (8/3).

Airlangga menyatakan penyaluran bantuan akan dikoordinasikan dengan TNI dan Polri. Selain itu, pemerintah juga akan membagikan masker kain sesuai standar kepada masyarakat desa.

Bantuan ini diberikan di tengah kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dilanjutkan hingga 2 pekan ke depan atau sampai 22 Maret 2021. PPKM ini diperluas bukan hanya Jawa-Bali, tapi juga Sumatera Utara, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Kebijakan ini tertuang dalam Instruksi Mendagri Nomor 05 Tahun 2021 yang terbit, Kamis (4/3). Dalam instruksi itu, PPKM Mikro digelar sampai daerah menunjukkan perbaikan keadaan.

“Pemerintah provinsi diminta untuk melakukan koordinasi data zonasi risiko tinggi di tingkat RT dan data penyaluran bantuan dan dilaporkan secara berkala ke satgas,” ucap Airlangga.

Pemerintah juga sekaligus melarang aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri, dan pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan pegawai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk keluar daerah di masa liburan Isra Mi’raj Nabi Muhammad dan Hari Raya Nyepi.

“Swasta juga diimbau agar tidak melakukan kegiatan di luar daerah,” pungkas Airlangga.