Polisi Panggil PO Bus untuk Selidiki Penyebab Kecelakaan Maut di Sumedang

Antar Daerah657 views

Bandung, Inionline.id  Pihak kepolisian akan memanggil Perusahaan Otobus (PO) bus terkait insiden kecelakaan maut yang menewaskan 29 orang di Kabupaten Sumedang. Pemanggilan terhadap PO tersebut sudah dilakukan.

“Sudah berjalan, proses pemanggilan PO bus,” ujar Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, Jumat (12/3/2021).

Pemeriksaan sendiri akan dilakukan untuk menggali lebih lanjut perihal penyebab terjadinya kecelakaan tersebut. Sementara sejauh ini, awak bus sendiri sudah berhasil dievakuasi oleh petugas gabungan.

“Sudah selesai pukul 03.30 WIB tadi (proses evakuasi),” kata dia.

Sebelumnya, kecelakaan maut terjadi di tanjakan Cae, Wado, Kabupaten Sumedang pada Rabu (10/3) malam. Bus yang mengangkut puluhan penumpang tersebut masuk ke jurang dengan posisi akhir terbalik.

29 orang menjadi korban jiwa atas insiden tersebut. Sementara lainnya mengalami luka-luka.

Penyebab kecelakaan ini masih dalam penyelidikan. Bahkan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah meminta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mencari tahu penyebab kecelakaan tersebut.

“Sejak tadi malam, saya berkoordinasi dengan Dirjen Darat dan juga tim yang ada di lapangan. Saya pikir kita tunggu laporan dari Dirjen Darat dan saya sudah minta KNKT mencari sebab-sebabnya, terima kasih,” ujar Budi Karya kepada wartawan di Kemenhub, Jakarta, Kamis (11/3/2021).