Polisi Menangkap 6 Pelaku Pelemparan Molotov ke Posko Ormas di Tangsel

Inionline.id  Kasus pelemparan molotov ke posko ormas di kawasan Tangerang Selatan (Tangsel) terus diusut. Polisi telah berhasil menangkap sejumlah pelaku pelemparan molotov.

“Sudah ada enam pelaku yang kita amankan,” kata Kapolres Tangerang Selatan AKBP Iman Imanuddin saat dihubungi, Kamis (11/3/2021).

Polisi awalnya berhasil menangkap dua pelaku. Setelah dilakukan pengembangan, 4 pelaku lainnya berhasil ditangkap di daerah Ciledug, Kota Tangerang kemarin malam.

Keenam pelaku ini, kata Iman, merupakan aktor yang melakukan perusakan hingga pembakaran sejumlah ormas di wilayah Tangsel. Iman mengatakan total ada tiga posko ormas yang dibakar.

“Yang dibakar ada tiga, itu ada di Pondok Aren, perbatasan dengan Ciledug. Jadi Pondok Aren sama yang di Pamulang. Tapi itu (posko di Pamulang) dibakar tapi nggak habis. Yang terbakar habis itu yang di Pondok Aren. Jadi satu dibakar habis terus satu dilempar pakai minyak dari kantong plastik itu,” beber Iman.

Selain melakukan aksi pembakaran, Iman mengatakan pelaku pun sempat melakukan aksi perampasan kepada warga di daerah Pondok Aren. Keenamnya kini telah ditetapkan sebagai tersangka dan menjalani pemeriksaan intensif oleh kepolisian.

Motif dari para pelaku pun kini masih terus didalami oleh penyidik. Iman memastikan pihaknya tidak akan berhenti pada enam pelaku yang sudah diamankan saat ini saja.

Menurutnya, sejumlah pelaku lain pun kini masih dalam pengejaran pihak polisi.

“Intinya yang enam pelaku ini sudah sidik (penyidikan), sudah tersangka lanjut (pelaku) yang lain masih dalam pengejaran,” ujarnya.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Pasal 170 KUHP tentang perusakan kepada barang dan 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan.

Untuk diketahui, sebuah posko organisasi kemasyarakatan (ormas) di Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel), dilempari molotov hingga terbakar pada Jumat (5/3) dini hari. Kasus ini diselidiki polisi.

Kanit Reskrim Polsek Pondok Aren Iptu Sumiran mengatakan pihaknya telah mengecek rekaman CCTV untuk menyelidiki kejadian tersebut.

“(CCTV) sudah kita minta. Terlihat ada sekitar enam pelaku menggunakan tiga motor,” kata Iptu Sumiran saat dihubungi, Jumat (5/3).

Peristiwa itu terjadi dini hari tadi sekitar pukul 03.30 WIB. Posko tersebut terletak di Jalan Sumber Rejeki, RT 01 RW 06, Parigi Lama, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Sumiran mengatakan para pelaku melempar molotov hingga sebagian posko terbakar.

“Iya, dilempar molotov juga, sebagian kecil terbakar,” imbuhnya.