Pertengahan April Microsoft akan Menghapus Browser Edge Lawas

Iptek157 views

Inionline.id – Microsoft bakal menghapus browser Edge versi lawas yakni Edge Legacy dari perangkat PC atau laptop Windows pengguna.

Browser Edge yang akan di-uninstall dari perangkat Windows milik pengguna adalah versi lawas (Edge Legacy) yang belum menggunakan platform Chromium.

Penghapusan peramban Edge Legacy dari komputer Windows pengguna ini akan dilakukan mulai 13 April 2021. Penghapusan ini dilakukan seiring dengan update keamanan yang digulirkan.

Jadi ketika pengguna meng-update patch keamanan, patch ini akan otomatis meng-uninstall Edge versi lawas sekaligus memasang Edge berbasis platform Chromium.

“Untuk menggantikan aplikasi lawas ini, kami mengumumkan bahwa Microsoft Edge baru akan tersedia sebagai bagian dari update keamanan bulanan kumulatif Windows 10, atau disebut sebagai Update Tuesday (B) pada 13 April 2021,” kata Microsoft, dikutip dari Ubergizmo via Tekno Liputan6.com.

“Ketika kamu menerapkan pembaruan ini ke komputer, aplikasi desktop Microsoft Edge yang tak didukung akan dihapus dan Microsoft Edge versi baru akan di-install,” kata Microsoft.

Kendati demikian, jika pengguna sudah memasang browser Edge versi baru, ada kemungkinan update ini tidak akan terlalu berpengaruh pada pengguna.

Gantikan Edge Legacy dengan Versi Chromium

Sebelumnya pada Juni 2020, Microsoft mengumumkan akan mulai menggantikan peramban Edge Legacy di Windows 10 dengan versi Edge berbasis Chromium. Untuk itu, Edge versi Chorium akan disertakan secara langsung melalui rilis Windows Update teranyar.

Dengan kata lain, penggunaan Edge Legacy yang masih berbasis EdgeHTML akan mulai ditinggalkan Microsoft. Dan, seluruh pengguna Windows kini akan didukung dengan Edge versi Chromium.

Kompabilitas Terbaik

Sebagai informasi, Edge versi Chromium sebenarnya sudah tersedia sejak awal tahun ini. Namun Microsoft masih menghadirkannya sebagai opsi, sehingga pengguna yang ingin memakainya perlu mengunduhnya secara manual terlebih dulu.

“Versi terbaru ini menyediakan kompabilitas terbaik di kelasnya, baik untuk ekstensi dan situs web,” tutur Microsoft dalam keterangannya seperti dikutip dari ZDNet.

Meski resmi menggantikan Edge Legacy, Microsoft mengatakan informasi yang ada di versi tersebut, mulai dari pengaturan, password, hingga laman favorit akan dipindahkan secara otomatis ke versi terbaru.

Hal itu juga berlaku untuk menu Start hingga shortcut yang dipakai di pengguna di versi sebelumnya. Tampilan Edge anyar turut mengubah versi sebelumnya yang ada taskbar maupun shortcut layar.

Mengingat peramban ini berbasis Chromium, Microsoft akan mengikuti siklus pembaruan teknologi Google tersebut, seperti versi stabil yang rilis setiap minggu, dan ada jadwal rilis untuk Dev dan Beta.