Pemerintah Berencana Memasang GeNose C19 di Bioskop

Berita057 views

Inionline.id  Pemerintah berencana memasang alat deteksi COVID-19, yaitu GeNose C19, di bioskop-bioskop. Rencana ini sudah dibicarakan oleh Menko PMK Muhadjir Effendy dengan Menparekraf Sandiaga Uno.

“Jadi saya sudah ada pembicaraan dengan Menparekraf (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno), untuk pengamanan bioskop nanti akan dipasang GeNose untuk gedung-gedung bioskop. Soal teknisnya nanti masih akan dibicarakan dengan Pak Menparekraf,” kata Muhadjir dalam keterangan di situs resmi Kemenko PMK, Rabu (10/3/2021).

Muhadjir menuturkan ini adalah upaya menjamin keamanan penonton film. Dia berharap, dengan adanya GeNose C19, penikmat film tak ragu untuk datang ke bioskop.

“Maksud kita agar masyarakat bisa segera percaya diri, aman untuk ke gedung bioskop, sehingga industri perfilman juga para artis, para awak perfilman juga bisa bekerja lebih aman, lebih nyaman, sehingga produksi kita bisa lebih lancar seperti sedia kala,” ungkapnya.

Rencana ini disampaikan Muhadjir saat meninjau lokasi pelaksanaan vaksinasi bagi lansia di DKI Jakarta, yakni di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Jakarta (BBPK), Kampus Hang Jebat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pelaksanaan vaksinasi tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir juga berbincang dengan aktor dan aktris kawakan yang tengah mengikuti vaksinasi untuk lansia. Mereka di antaranya Anwar Fuady, Meriam Bellina, Christine Hakim, dan produser film Raam Punjabi.

Muhadjir menjelaskan, vaksinasi untuk aktor dan aktris kawakan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk untuk kembali menghidupkan industri perfilman nasional yang terhenti di masa pandemi COVID-19.