Majalengka Dilanda Banjir-Puting Beliung, 300 Rumah Terendam dan 8 Bangunan Rusak

Antar Daerah057 views

Majalengka, Inionline.id – Delapan bangunan rusak akibat terjangan puting beliung yang terjadi di Blok Citaman, Kabupaten Majalengka. Selain itu, banjir melanda Desa Baturuyuk dan Gunungsari.

Kasi Kedaruratan BPBD Majalengka Reza Permana menjelaskan puting beliung yang menerjang Desa Gunungmanik itu diakibatkan cuaca ekstrem. “Cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah Kecamatan Talaga Minggu sore mengakibatkan angin puting beliung di Blok Citaman. Dampaknya 6 rumah warga dan 2 gudang rusak,” kata Reza saat dikonfirmasi, Senin (8/3/2021).

Selain puting beliung, cuaca ekstrem juga menyebabkan banjir di dua lokasi yakni di Baturuyuk, Kecamatan Dawuan, dan Gunungsari, Kecamatan Kasokandel. Khusus di Gunungsari, banjir merendam area pemukiman warga di Perumahan Gunungsari Indah dengan ketinggian 10 hingga 40 sentimeter.

“Kurang lebih ada 300 rumah yang terendam banjir di Kasokandel. Banjir disebabkan karena meluapnya Sungai Cigarut Cibinuang akibat curah hujan tinggi,” ujarnya.

Saat ini kata Reza, banjir di dua lokasi itu mulai berangsur surut. Pihaknya juga telah melakukan kordinasi dengan unsur Muspika di masing-masing lokasi bencana untuk penanganan.

“Alhamdulillah pagi ini banjir sudah surut, banjir semalam hanya lewat saja sifatnya karena luapan sungai,” kata Reza.