Kisah Lama Jalur Khusus Tambang Bogor Barat, Ketua Fraksi PAN DPRD Jabar Desak Pemprov Segera Bereskan Pembangunannya

Antar Daerah057 views

Bogor, Inionline.id – Kabar mengenai perubahan konsep jalan khusus tambang dimana sebelumnya jalur biasa saat ini rencananya jalan tersebut akan menjadi jalan tol. Perubahan konsep tersebut dibahas dalam rapat pematangan yang melibatkan tiga instusi Selasa (02/03) di Cibinong.

Selain jalan tol yang akan dibangun konsorsium, pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membangun jalan khusus tambang sejauh 10 kilometer yang akan terintegrasi dengan jalan tol khusus tambang yang akan menghubungkan Cigudeg-Rumpin-Parungpanjang-Serpong.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Fraksi PAN DPRD Jawa Barat, Supono menegaskan bahwa dirinya berharap dengan treatment konsorsium tersebut agar prosesnya lebih dipercepat.

“Mudah-mudahan kegiatan ditahun 2021 ini sudah ada, tapi memang persoalannya adalah, kalau pusat yang jalan tolnya itu adalah panjangnya 21 kilometer, kemudian sekarang persoalan yang belum tuntas dan menjadi PR provinsi adalah menyangkut pembebasan lahannya,” kata Supono, Jum’at (05/03/2021).

Menurut legislator asal Kabupaten Bogor tersebut, persoalan pembebasan lahan itulah yang harus dituntaskan segera hingga proses fisiknya bisa berjalan.

“Tetapi kalau pembebasan tanahnya belum kan juga jadi masalah, rapat kami terakhir adalah mengkoordinasikan itu, dan ini nanti akan berkaitan juga dengan Pemerintahan Kabupaten Bogor walaupun nanti anggarannya dari provinsi,” ungkap Supono.