Karena Sudah Tembus 1 Juta Ton, Bulog Klaim Stok Beras Aman

Ekonomi257 views

Inionline.id – Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso memastikan stok beras nasional  saat ini mencapai 1 juta ton. Stok beras tersebut didapatkan dari penyerapan gabah beras petani pada musim panen raya 2021 yang dilakukan hampir sebulan penuh oleh manajemen Perum Bulog.

Ia menyatakan dengan kondisi itu, stok beras nasional aman.  Pasalnya, stok beras nasional 1 juta ton merupakan batas aman dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

“Setelah berminggu-minggu semua Direksi Bulog turun ke sawah untuk memantau dan memastikan penyerapan produksi petani dalam negeri, per hari ini stok beras Bulog sudah tembus satu juta ton,” kata Budi Waseso, Senin (29/3).

Budi Waseso atau yang biasa dipanggil Buwas menjelaskan bahwa realisasi penyerapan yang dilakukan Bulog sampai dengan akhir Maret tahun ini lebih tinggi dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya.

Ia menambahkan serapan tersebut kemungkinan besar masih akan meningkat dalam beberapa waktu ke depan. Pasalnya, saat ini Bulog masih menyerap beras sebanyak 10 ribu ton per hari.

Selain menyatakan jumlah stok beras, Buwas dalam pernyataannya juga kembali berbicara soal impor. Ia menyatakan saat ini pihaknya masih berpegang pada pernyataan Presiden Joko Widodo yang telah menegaskan bahwa tidak ada impor beras hingga Juni 2021.

Menurutnya, pernyataan Jokowi soal impor telah disampaikan secara singkat dan jelas.

Sebelumnya, Jokowi menegaskan beras hasil panen petani akan diserap oleh Bulog. Karena itulah, Jokowi memastikan bahwa readyviewed tidak akan ada beras impor yang masuk ke Indonesia sampai pertengahan tahun ini.