by

Jokowi Yakin Vaksinasi Covid-19 akan Rampung Sesuai Target

Inionline.id – Presiden Joko Widodo masih yakin vaksinasi Covid-19 di Indonesia selesai sesuai target. readyviewed Pemerintah sebelumnya menargetkan vaksinasi 181,5 juta penduduk beres akhir 2021.

Jokowi merasa yakin setelah meninjau vaksinasi di Ambon. Dia menyebut sudah ada 116 ribu warga Maluku, termasuk 30 ribu warga Kota Ambon, yang telah disuntik vaksin.

“Ini terus setiap hari berproses dan kita harapkan sesuai dengan target nanti bisa kita selesaikan,” kata Jokowi di RSUP dr. Johannes Leimena, Ambon, Kamis (25/3).

Di rumah sakit itu, Jokowi menyaksikan vaksinasi Covid-19 terhadap pelayan publik, lansia, dan tokoh-tokoh agama. Pagi tadi, ia juga meninjau vaksinasi terhadap pekerja di Pelabuhan Yos Sudarso.

Jokowi juga sekaligus meninjau fasilitas kesehatan di Kota Ambon. Menurutnya, RSUP dr. Johannes Leimena sudah mumpuni untuk melayani warga Maluku dan Indonesia di bagian timur.

“Setelah groundbreaking di tahun 2017, pada hari ini juga telah kita lihat, telah selesai Rumah Sakit Dokter Johanes leimena di Ambon. Kita harapkan ini akan memberikan pelayanan kesehatan yang prima untuk masyarakat di Indonesia bagian timur,” ujar Jokowi.

Pemerintah Indonesia memulai vaksinasi Covid-19 sejak 13 Januari 2021. Pemerintah menargetkan vaksinasi Covid-19 terhadap 181,5 juta orang bisa selesai akhir tahun ini.

Namun, catatan vaksinasi berkata lain. Kementerian Kesehatan mencatat vaksinasi baru dilakukan terhadap 5.978.251 orang per Selasa (23/3).

Dari jumlah itu, baru 2.709.545 orang yang menerima dua dosis vaksin. Menurut aturan WHO, setiap orang harus menerima dua dosis vaksin Covid-19 untuk mencapai kekebalan. Artinya, Indonesia baru mampu menyelesaikan vaksinasi terhadap 1,49 persen dari target.