Ini Beda Manfaat dari Mandi di Pagi Hari dan Sebelum Tidur

Kesehatan057 views

Inionline.id – Usai menjalani hari yang melelahkan, kadang kita bingung apakah langsung tidur untuk mandi di pagi harinya atau memilih mandi dulu sebelum tidur. Dalam menentukan kedua pilihan tersebut, ternyata ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan.

Mandi di malam hari sebelum tidur atau di pagi harinya ternyata bisa ditentukan dengan gaya hidup seseorang. Dilansir dari Her, sebuah penelitian di Harvard University mengungkap momen yang tepat untuk mandi.

Mandi di pagi hari disebut penting untuk dilakukan ketika menghadapi pekan yang berat dan banyak masalah. Shelley Carson, pengajar psikologi di Harvard University dan peneliti menyebut mandi di pagi hari dapat meningkatkan kreativitas terutama di tempat kerja.

Carson menyebut bahwa cara ini membuat seseorang menjadi lebih kreatif karena tubuh menjadi rileks namun tetap terjaga.

“Jika kamu menghadapi masalah yang perlu dipecahkan secara kreatif namun ternyata pikiranmu sudah mampat, maka kamu dapat merilekskan otakmu sambil tanpa sengaja tetap membuatnya terjaga,” jelas Carson.

Ketika sedang santai, Carson menyebut bahwa proses kognitif di otak juga menjadi santai, diperbaharui, dan mengalami regenerasi. Hal ini menyebabkan solusi yang tepat bisa tiba-tiba muncul ke dalam otak.

Manfaat Mandi Malam Hari

Sama seperti mandi pagi, mandi di malam hari juga memiliki manfaat lain. Membasuh diri di malam hari ini dapat membantu menetralkan suhu tubuh sehingga membuat tubuh santai dan lebih mudah tertidur.

Peranan tidur terhadap tidur yang nyenyak ini diungkapkan oleh Christopher Winter, MD dari American Academy of Sleep Medicine.

“Pendinginan secara cepat usai kamu mandi dapat menjadi salah satu penyebab kantuk yang alami. Hal ini dapat membuat tubuh berpikir bahwa inilah saat untuk tidur,” ungkap Winter.

Mandi juga dapat mengurangi tingkat kortisol yang dapat mendorong lahirnya stres. Hal inilah yang membuat mandi memiliki khasiatnya sendiri baik di pagi atau malam hari.

Jadi rasa santai apa yang paling kamu butuhkan? Kini kamu dapat menentukannya dengan mengubah jam mandimu.